oleh

Perpustakaan Kalteng Kekurangan Buku Muatan Lokal

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Universitas Kristen Palangka Raya (PPLH-PI UNKRIP) diwakili Lukas, menyerahkan sejumlah buku muatan lokal karya Nila Riwut kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (20/9/2021).

Kepala Dispursip Provinsi Kalteng melalui Pustakawan Madya Rudiansyah Iden menyampaikan bahwa bantuan buku-buku, khususnya muatan lokal sangat diperlukan. Hal ini mengingat perpustakaan tersebut masih kekurangan literasi buku-buku yang ditulis masyarakat lokal.

Baca Juga :  Pemkab dan DPRD Gumas Setujui Ranperda APBD-P 2021

“Kita tidak bisa bekerja sendiri dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Kita juga berharap ada bantuan-bantuan masyarakat, khususnya penulis tentang buku muatan lokal. Karena kita memang masih kurang begitu banyak koleksi buku-buku muatan lokal,” ujarnya.

Baca Juga :  Teras Dorong Peningkatan Potensi Perikanan Darat di Kalteng

Rudiansyah mengharapkan sumbangsih dari para penulis buku agar dapat menyumbangkan buku-buku karya mereka. Terlebih hal ini memang menjadi amanat Undang-Undang agar pengarang buku bisa memberikan satu eksemplar buku dalam rangka menjaga kelestarian buku tersebut.

“Salah satu tujuannya untuk melestarikan buku-buku karya penulis. Misalnya mungkin ketika penulis sudah meninggal, kemudian ahli waris tidak mengurus, maka ada tersedia di perpustakaan. Buku-buku ini sangat bermanfaat bagi kita untuk memberi layanan kepada masyarakat, terlebih pengetahuan mengenai daerah Kalteng dan lainnya,” imbuh Rudiansyah. (adn)

Baca Juga :  Komisi B DPRD Palangka Raya Pastikan Awasi Program Pembangunan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA