oleh

Fakultas Perikanan UNKRIP Latih Warga Buat Pakan Alternatif Ikan Papuyu  

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Fakultas Perikanan Universitas Kristen Palangka Raya (UNKRIP) memberikan pelatihan warga Desa Mantaren II, Kabupaten Pulang Pisau untuk membuat pakan alternatif bagi ikan Papuyu, Senin (26/9/2022).

Usai kegiatan, salah satu Dosen Fakultas Perikanan UNKRIP Dr Lukas SPi, MSi, menyampaikan, Fakultas Perikanan UNKRIP melaksanakan pelatihan pembuatan pakan alternatif berupa budidaya magot sebagai pakan alternatif yang dilakukan di Kampung Papuyu, Desa Mantaren II, Pulang Pisau.

“Dimana desa ini telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau sebagai desa Budidaya Ikan Papuyu, karena potensi sumberdaya perikanan khususya komoditas ikan Pupuyu menjadi andalan desa serta sudah dibina oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau,” sebut Lukas.

Baca Juga :  Penghapusan Tenaga Honor, Pemerintah Harus Punya Solusi

Lukas menjelakan, keberhasilan usaha budidaya ikan umumnya sangat ditentukan oleh penyediaan pakan yang sesuai dengan kualitas, kuantitas, dan ketepatan dalam pemberian. Sumber protein produk pakan untuk ikan sangat bergantung pada tepung ikan.

Untuk menekan biaya pakan, dilakukan berbagai riset yang bertujuan mencari bahan baku alternatif pengganti tepung ikan dan bahan baku alternatif tersebut diutamakan bahan baku lokal yang selalu tersedia.

Baca Juga :  Nasabah Bank Kalteng Capem Tumbang Jutuh Naik 30 Persen

Karena itu sambungnya, diperlukan alternatif lain sebagai sumber protein pengganti tepung ikan. Syarat bahan yang dapat dijadikan bahan baku pakan yaitu tidak berbahaya bagi ikan, tersedia sepanjang waktu, mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan ikan, dan bahan tersebut tidak berkompetisi dengan kebutuhan manusia.

“Berdasarkan persyaratan tersebut, maka maggot dapat dijadikan bahan baku alternatif penganti tepung ikan sebagai bahan baku pakan. Maggot dapat tumbuh dan berkembang pada media yang mengandung nutirisi yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya,” ungkap Lukas.

Baca Juga :  PPLP-PI UNKRIP dan Dinas Perikanan Pulpis Diskusi Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Berkelanjutan

Kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, dengan dihadiri Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Riyanto Sekretaris Dinas Perikanan Ir Ida Suryani.

Sementara itu dari Fakultas Perikanan UNKRIP dipimpin oleh Dr Lukas, Dr Infa Minggawati, Tania Serezova, MSi dan Tim dari Program Studi (Prodi) Perikanan UNKRIP. (adn/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA