oleh

Amankan UCI MTB Eliminator 2024, Polda Kalteng Kerahkan 600 Personel

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Untuk mengamankan kegiatan kejuaraan sepeda dunia UCI MTB Eliminator World Cup 2024, yang akan diselenggarakan pada tanggal 19 Mei 2024, Polda Kalteng mengerahkan sebanyak 600 personel ke sirkuit MTB City SG 1973 Kota Palangka Raya.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Dit Pamobvit Polda Kalteng, Kombespol Elijas didampingi Ketua Harian Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng, Rahmat Nasution Hamka, usai mengecek kesiapan dan kelengkapan sirkuit pada Jumat (17/5/2024) sore.

“Untuk pengamanan, kita menurunkan sebanyak 600 personel khsusus di lokasi sirkuit, dengan dibantu rekan-rekan Sat Pol PP serta organisasi kemasyarakatan (ormas) dan masyarakat semua,” sebut Elijas.

Baca Juga :  Portal Pemerintah Harus Bermanfaat Bagi Publik

Sementara terkait risk assessment, Elijas menyebutkan, pihak sudah melakukan pengecekan kembali terhadap berbagai kesiapan fasilitas pendukung serta titik-titik yang rawan terjadi kecelakaan di lintasan sirkuit.

Sesuai hasil assessment, akan disiapkan 11 unit mobil ambulans serta terdapat medical center untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi terhadap para atlet sepeda maupun masyarakat.

“Sesuai arahan sebelumnya, panitia sudah melakukan pembenahan terhadap 6 titik yang dinilai rawan terjadi kecelakaan. Semua sudah siap untuk pelaksanaan hari Minggu nanti,” ujar Elijas.

Baca Juga :  OPD Diminta Matangkan Pelaksanaan Program

Selain itu, Elijas mengimbau kepada masyarakat yang menonton untuk tertib. Tidak berada di daerah-daerah yang rawan dan mengganggu petugas, seperti jalur evakuasi mobil ambulans. Terlebih sampai menganggu jalur lintasan atlet.

Sementara Ketua Harian ISSI Provinsi Kalteng, Rahmat Nasution Hamka menyampaikan, saat ini sudah tiba sebanyak 47 orang atlet dari berbagai negara, dan kemungkinan masih akan ada yang datang.

Rahmat juga mengatakan, pihaknya juga sudah mengikuti dan memenuhi risk assessment yang ditetapkan pihak Polda Kalteng. Begitu pun kesiapan untuk kebutuhan para raider yang akan berlaga.

Baca Juga :  Dishub Kalteng Lakukan Pengawasan Angkutan Barang

“Kami mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya yang mau menonton, karena bertepatan dengan kegiatan Festival Budaya Isen Mulang dan gratis, kita akan melakukan pengamanan yang ekstra. Mohon masyarakat mengikuti arahan dari petugas,” sebut Rahmat.

Rahmat menambahkan, pihak panitia juga akan mengantisipasi penonton yang membludak dengan melakukan buka tutup pintu masuk lokasi sirkuit yang lokasinya sudah ditentukan panitia. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan terjadi.

Penulis/editor : Adinata

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA