oleh

Potensi Ekonomi Lokal Harus Dipetakan

SAMPIT, inikalteng.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten kotawaringin timur H Rudianur mengatakan, pertumbuhan ekonomi dan prosesnya merupakan kondisi utama bagi kelangsungan pembangunan ekonomi daerah. Perekonomian suatu negara bisa dikatakan berhasil apabila kegiatan ekonominya lebih tinggi daripada yang dicapai pada masa sebelumnya, serta menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah.

Baca Juga :  Pemkab Barut Siap Resmikan Bandara HM Sidik

“Dalam pengembangan ekonomi, pemerintah daerah berperan dalam meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu perlu dilakukan pemetaan potensi ekonomi lokal,” ujar Rudianur, Senin (7/11/2022).

Dikatakan, pemetaan potensi ekonomi lokal perlu dilakukan untuk mengetahui potensi-potensi yang ada di daerah tersebut dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Dengan mengetahui potensi lokal, maka dapat ekonomi dan SDM dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Maksud dari mengetahui potensi ekonomi lokal adalah dengan mengidentifikasi potensi ekonomi sektoral, sehingga dapat dengan mudah dimanfaatkan dalam pembangunan masing-masing sektor .

Baca Juga :  Waspadai Muntaber, Ketersediaan Obat Harus Diperhatikan

“Identifikasi tersebut dapat meliputi identifikasi potensi sektoral sumber daya alam (SDA), SDM, teknologi yang ada, modal, di mana semua itu mencakup sektor pertanian, perkebunan, pariwisata dan sektor-sektor lainnya yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian daerah,” kata Rudianur. (ya/red1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA