oleh

KBB Kalteng Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

BARABAI, HST – Sebagai bentuk empati, Organisasi Masyarakat (Ormas) Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Kalteng kembali menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan tahap kedua ini disalurkan kepada warga di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Distribusi penyaluran bantuan ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum KBB Kalteng H Chairuddin Halim bersama Sekretaris Umum H Istani P Yunus, dan jajaran Pengurus KBB Kalteng lainnya.

Rombongan KBB Kalteng yang berangkat bersama Tim Satgas Pramuka Peduli, bertolak sekitar pukul 07.30 WIB dan tiba di Barabai, Ibu Kota Kabupaten HST sekitar pukul 17.00 WIB. Kedatangan rombongan ini disambut Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan dan jajarannya, serta perwakilan Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel bertempat di halaman Stadion Olahraga Murakata Barabai.

Baca Juga :  Relawan Persepun FC Palangka Raya Berikan Bantuan Sembako dan Pelayanan Kesehatan bagi Korban Banjir Kalsel

“Alhamdulillah, dengan koordinasi yang baik dari para Pengurus dan Satgas KBB Kalteng, kita telah diberikan amanah oleh masyarakat untuk menyampaikan bantuan ke para korban banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Hantakan dan Batu Benawa,” ucap Chairuddin Halim.

Di tempat sama, Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan mengaku terharu dan sangat berterima kasih atas perhatian warga Kalteng kepada warga Kalsel khususnya Kabupaten HST, yang sedang dilanda bencana banjir.

Baca Juga :  Peringati HAB 75, Kemenag Barsel Potong Nasi Tumpeng

“Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalsel, adalah yang terparah. Pada tanggal 14 Januari, mulai terdampak. Ada tiga orang warga yang sampai sekarang belum ditemukan, dan tujuh orang meninggal dunia,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Wakil Bupati HST, ada 184 rumah yang runtuh dan hanyut, serta ribuan rumah yang rusak parah akibat diterjang banjir. Sehingga Pemkab HST menerapkan Status Tanggap Darurat Bencana (TDB) selama 14 hari yang berakhir pada tanggal 28 Januari 2021 lalu. Setelah melihat situasi yang berkembang, di mana masih banyak rumah warga yang terendam air dan setiap hari kondisinya masih mengkhawatirkan, maka status TDB ini diperpanjang hingga tanggal 3 Februari 2021.

Baca Juga :  Bantuan dari Muhammadiyah untuk Korban Banjir Kalsel Resmi Diberangkatkan

“Banyaknya bantuan dan dukungan datang dari berbagai pihak di Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk dari KBB dan Gerakan Pramuka, sangat membantu meringankan beban kami dan masyarakat yang terdampak banjir. Untuk itu, kami atas nama masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Mudah-mudahan semuanya menjadi berkah bagi pian sabarataan,” ucap Wakil Bupati HST.

Semua bantuan dan perhatian itu, menurut Berry Nahdian, diharapkan menjadi spirit dan semangat bagi pihaknya untuk bisa cepat bangkit guna memulihkan situasi dan kondisi pasca bencana banjir ini. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA