oleh

Satgas Tanggap Darurat UPR Kembali Salurkan Bantuan ke Korban Banjir Kalsel

PALANGKA RAYA – Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana Universitas Palangka Raya (UPR), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), kembali menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir yang ada di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (7/2/2021).

Tim Satgas Tanggap Bencana UPR yang ikut serta mendistribusikan bantuan Civitas Akademika UPR ini dipimpin Koordinator Bagian Umum Suwandy SE, Pusat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu (PPSMM) Titin Purnaningsih SSi MSi dan beberapa orang staf keamanan UPR.

Diketahui, UPR telah mendirikan posko untuk menampung bantuan dari Keluarga Besar UPR untuk membantu masyarakat terdampak banjir Kalsel. Bantuan tahap pertama sudah didistribusikan pada tanggal 24 Januari 2021 lalu ke Crisis Centre Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan dapur umum IOF Kalsel, untuk disalurkan kepada warga terdampak bencana banjir.

Baca Juga :  Gubernur Dorong UMKM Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Sedangkan bantuan tahap kedua hari ini didistribusikan melalui Dapur Umum Sungai Tabuk yang berlokasi di Masjid Jami Al Quddus Sungai Tabuk, Kota Banjarmasin. Bantuan itu diterima secara langsung oleh pengurus masjid setempat. Titik kedua bantuan dari UPR disalurkan langsung kepada kelompok masyarakat di Sungai Luluk. Tentu saja, bantuan itu diterima dengan antusias oleh masyarakat.

Baca Juga :  Ketum KONI Kalteng Ajak Warga Fun Futsal

Anggota Tim Satgas Tanggap Darurat UPR, Titin Purnaningsih, menyampaikan bahwa UPR sebagai institusi pendidikan peduli terhadap masyarakat terdampak bencana ekologis yang ada di Kalsel.

“Pendistribusiam bantuan ini merupakan program lanjutan dari bantuan tahap pertama yang sudah disalurkan oleh Tim Satgas Tanggap Darurat Universitas Palangka Raya,” jelas Titin.

Disampaikan pula, Satgas Tanggap Darurat UPR ini merupakan cikal bakal organisasi resmi yang memfasilitasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam program proyek kemanusiaan. Ke depan, Satgas ini juga akan melibatkan mahasiswa dalam agenda-agenda terkait kemanusiaan. Karena Satgas Tanggap Darurat UPR ini tidak hanya merespon kejadian seusai bencana saja, namun juga terlihat dalam upaya preventif menghadapi bencana.

Baca Juga :  Rencana Pengembangan Food Estate Terus Dimatangkan

“Kami berharap bahwa bantuan yang diberikan oleh Civitas Akademika Universitas Palangka Raya, dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat terdampak banjir di Kalsel. Harapannya Kalsel segera bangkit kembali,” kata Titin. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA