oleh

Wujudkan Pemerintahan yang Bersih

BPK RI Kalteng Diharapkan Terus Jalin Kerja Sama

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Mewujudkan pemerintahan yang bersih di lingkungan Pemprov Kalteng, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo mengharapkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kalteng dapat terus menjalin kerja sama dengan Pemprov setempat.

Pernyataan itu, disampaikan H Edy Pratowo saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, dalam acara Serah-Terima jabatan Kepala Perwakilan BPK RI Kalteng dari Agus Priyono kepada M Ali Asyhar, di Auditorium BPK RI Kalteng, Rabu (21/9/2022).

“Saya sampaikan apresiasi kepada Kepala Perwakilan BPK Kalteng yang lama Agus Priyono atas dedikasi, pengabdian, dan sinergi yang terjalin selama ini, dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan, serta bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Saya juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Kepala Perwakilan BPK RI kalteng yang baru M Ali Asyhar, di mana sebelumnya beliau menjabat Kepala Perwakilan BPK RI Kalsel. Saya percaya Bapak akan mampu melaksanakan amanah tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Baca Juga :  Pedagang Tetap Buka di Atas Waktu Tanggap Darurat, Ini Alasannya!

Lebih lanjut, Wagub mengutarakan, keberadaan BPK di setiap provinsi diharapkan lebih mendekatkan BPK dengan obyek pemeriksaan, dengan kewenangan untuk melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah, guna lebih meningkatkan ketertiban pengelolaan keuangan daerah. Sehingga cita-cita mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik, dapat tercapai.

Baca Juga :  DPD REI Kalteng Salurkan Bantuan untuk PWI Kalteng

“Saya juga mengharapkan koordinasi, kerja sama, dan sinergi dengan BPK RI Kalteng dapat semakin baik lagi ke depan, untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada para pengelola keuangan di lingkungan Pemerintah Daerah se-Kalteng. Pada akhirnya, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah kita raih, dapat terus dipertahankan, sehingga berdayaguna dan berhasil guna bagi kesejahteraan masyarakat Kalteng,” pungkas H Edy Pratowo.

Baca Juga :  Pemko Minta Bantuan Pusat Bangun Jembatan Menuju Rakumpit

Sementara anggota VI BPK RI Pius Lustrilanang, menyampaikan jika BPK terus berupaya untuk meningkatkan peransertanya dalam pembangunan nasional, melalui pemeriksaan keuangan negara. Sebab sesuai visi BPK dalam Rencana Strategis 2020-2024, BPK telah berperan aktif sebagai pendorong pengelolaan keuangan negara dalam mencapai tujuan negara, melalui kegiatan-kegiatan yang berkualitas dan bermanfaat.

“Dalam Semester I 2022, persentase tindak lanjut Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Kalteng telah mencapai 85,17 persen, dan telah melampaui target yang hanya 76 persen. Artinya Provinsi Kalimantan Tengah sudah lumayan baik,” tutupnya. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA