oleh

TMMD Perlu Dukungan Pemerintah Daerah

Danpusterad Tinjau Kegiatan TMMD di Kapuas

KUALA KAPUAS, inikalteng.com – Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi meninjau kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 di Kabupaten Kapuas, Rabu (24/3/2021).

Pada kesempatan itu, Wisnoe Prasetja Boedi menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas beserta unsur Forkopimda dan SOPD terkait yang telah memberikan dukungan pada pelaksanaan TMMD. “Tanpa dukungan dari Pemerintah Daerah, saya rasa tidak akan bisa kegiatan ini berjalan lancar,” ungkapnya.

Wisnoe juga mengungkapkan bahwa kehadirannya di Kabupaten Kapuas bersama Tim Wasev, adalah untuk meninjau langsung kinerja dari TMMD mulai dari tahap perencanaan, persiapan dan pelaksanaannya.

Baca Juga :  Pimpinan OPD Diminta Optimalkan Potensi PAD

“Semua sudah kita laksanakan melalui ceklis yang kita berikan. Sehingga nantinya diharapkan kami mendapat masukan-masukan berkaitan dengan kendala apa saja yang dihadapi pada pelaksanaan TMMD, untuk bahan evaluasi dan perbaikan pelaksanaan TMMD selanjutnya,” terangnya.

Dikatakan, kegiatan TMMD untuk satu tahun anggaran sebanyak tiga kali. “Dulu hanya sekali, namun atas kepercayaan masyarakat dan hasil yang bisa kita rasakan, sehingga volumenya ditambah menjadi tiga kali dalam satu tahun,” jelas Wisnoe.

Baca Juga :  Kapuas Mulai Terapkan PPKM Mikro Hingga 5 April 2021

Sementara itu, Dandim 1011/KLK Letkol Inf Ary Bayu Saputro dalam paparannya menyampaikan, TMMD kali ini berlangsung di Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas. “Pertimbangan pemilihan lokasi ini adalah karena merupakan desa dengan penghasil pertanian yang cukup besar, mulai dari padi, sayuran dan buah-buahan. Namun masih memiliki jalan usaha tani yang belum memadai,” jelasnya.

Ary Bayu menjelaskan, pelaksanaan TMMD di Desa Saka Lagun ini sasaran fisiknya meliputi semenisasi jalan sepanjang 1.200 meter dengan lebar 2,2 meter dan tinggi 15 centimeter, pembuatan satu buah jembatan kayu dengan panjang 25 meter, lebar 2 meter, perehaban satu buah Mushola dengan panjang 11,2 meter, lebar 4,2 meter, tinggi 4,2 meter serta 20 buah.

Baca Juga :  1.274 Nakes di Kapuas Sudah Divaksin

Sedangkan untuk pelaksanaan sasaran non fisik, meliputi berbagai penyuluhan seperti penyuluhan tentang Covid-19, Hukum dan Narkoba, Wawasan Bangsa dan Bela Negara, Keluarga Berencana, Kesehatan, Pertanian, bahaya Karhutla dan penanggulangan Bencana Alam.

Sebelum meninjau lokasi TMMD, kedatangan rombongan Danpusterad di Kabupaten Kapuas, diterima Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di Makodim 1011/KLK Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas. (sri/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA