oleh

Teras Ajak Pemuda GKE Cepat Tanggap Hadapi Tantangan Global

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE), Agustin Teras Narang mengajak pemuda GKE cepat tanggap dalam menghadapi berbagai tantangan global yang terus berubah ubah. Selain itu, pemuda GKE agar terus meningkatkan kualitas diri melalui bidang yang ditekuni masing-masing.

“Saya yakinkan generasi muda kita bahwa mereka tidak dibawa kemana-mana. Pemuda GKE bagaimana pun mesti tetap berada di GKE. Bersama GKE menghadapi tantangan zaman yang kian beragam secara global, nasional, dan bahkan lokal di hadapan kita”, kata Teras saat menjadi narasumber Seminar dalam rangka Hari Pemuda GKE, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga :  H Sugianto Sabran Secara Resmi Membuka Talkshow Borneo Forum Ke-5 2022

Menurut Anggota DPD RI Pemilihan Kalteng ini, pemuda GKE dalam semangat kebersamaan perlu mendesain ulang organisasi pelayanannya dan menyiapkan pengembangan diri generasi muda lewat latihan dan pengembangan. Lewat kaderisasi yang memungkinkan pemuda GKE cepat tanggap terhadap tantangan zaman.

Tantangan global tersebut seperti isu perubahan iklim, disrupsi teknologi yang kemudian muncul pandemi Covid-19, lalu perang Rusia dan Ukraina memberi dampak terhadap perekonomian global termasuk Indonesia. Di sisi lain, perubahan iklim juga sudah dirasakan termasuk wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Baca Juga :  Teras Harap BPN Dapat Selesaikan Konflik Agraria

“Dalam konteks ini, saya merumuskan tantangan kita secara nasional dengan sebutan HE4F. Ini merujuk pada isu Health (Kesehatan), Education (Pendidikan), Food (Pangan), Fuel (Energi), Financial (Keuangan), dan Forestry (Kehutanan),” jelas Teras.

Dengan berbagai tantangan ini, Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini mengingatkan pemuda GKE untuk melihat realitas, bahwa dunia sedang tidak dalam keadaan yang baik-baik saja. Untuk itu peran Pemuda GKE diharapkan dalam menjawab berbagai tantangan tersebut.

Kemudian Teras mendorong, pemanfaatan akses teknologi informasi yang menyajikan informasi beasiswa pendidikan dan untuk membangun kekuatan bersama mesti terus dioptimalkan. Dalam semangat komunitas bergereja, Pemuda GKE juga perlu membangun gerakan bersama untuk merespon tantangan HE4F.

Baca Juga :  Ketua DPRD: Mari Bersatu Bangun Gumas

“Saatnya pemuda GKE mengambil peran kepemimpinan dalam gereja, masyarakat, bangsa dan negara bahkan dunia. Saya menaruh kepercayaan pada generasi muda GKE. Percaya bahwa mereka mampu dan dapat memainkan peran kepemimpinan, sehingga melalui GKE kita bisa menghadapi tantangan zaman. Jangan menyerah dan tetap berani hadapi tantangan yang ada, sebab peselancar hebat lahir dari ombak yang besar. Demikian pun pemuda hebat, lahir dari tantangan yang sama hebatnya”, pungkas Teras. (tim/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA