oleh

Bupati Pulang Pisau Sampaikan Pidato Pengantar RPJMD

PULANG PISAU, inikalteng.com- Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo menyampaikan sambutan pada rapat paripurna pidato pengantar Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten setempat tahun 2010-2020, Jumat (26/3/2021) di Gedung DPRD Pulang Pisau.

Dalam pidatonya, Edy Pratowo menyampaikan, RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode 5 tahun yang sudah ditetapkan pada 22 Maret 2019 lalu, dengan sisa masa periode selama kurang lebih 2 tahun.

Baca Juga :  Empat Titik Jalan di Palangka Raya Dibuat Marka Henti Khusus

Menurut Edy Pratowo, terdapat 2 hal pokok yang mendasari perubahan RPJMD tahun 2018-2023, antara lain, terbitnya peraturan baru, yakni peraturan pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Selain itu, lanjutnya, Permendagri Nomor 050-3708 tahun 2020 tentang Hasil Verifikasi dan Validasi Pemutakhiran Klasifikasi Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, serta kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap pencapaian target-target pembangunan Kabupaten Pulang Pisau.

Baca Juga :  Dewan Minta Pemkab Kotim Tertibkan Pengamen Jalanan di Bawah Umur

Ditambahkannya, sebagaimana telah diatur dalam Permendagri Nomo 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD, RPJMD, dan RKPD, salah satu tahapan sebelumnya adalah penyusuanan dokumen perubahan RPJMD harus melalui proses pembahasan bersama antara eksekutif dan legislative untuk menyepakati rancangan awal RPJMDdan dikonsultasikan dengan Gubernur untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai penyempurnaan dokumen perubahan RPJMD periode 2018-2023.

Baca Juga :  Dua Raperda Kapuas Ditargetkan Harus Rampung Bulan Ini

Pada kesempatan itu Edy berharap kepada unsur pimpinan DPRD beserta seluruh anggota untuk memberikan masukan dan saran terhadap dokumen rancangan awal perubahan RPJMD yang nantinya akan dibahas bersama pada saat pembahasan. (ndi/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA