oleh

Tingkatkan Kerampilan Perajin Rotan

KASONGAN – Kalangan anggota DPRD Kabupaten Katingan berharap, pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan keterampilan perajin rotan di wilayah tersebut.

“Meningkatkan skill (keterampilan) perajin rotan sangat penting. Tujuannya agar produk olahan memiliki kualitas tinggi, sehingga dapat menarik konsumen lokal maupun nasional,” kata anggota DPRD Kabupateb Katingan, Nanang Suriansyah, kemarin.

Baca Juga :  Anggota PWI dan IJTI Terima Bantuan dari Sugianto Sabran

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, perkembangan industri yang sangat cepat menuntut para perajin rotan lebih kreatif agar bisa bersaing. Karena tantangan ke depannya akan sangat berat dalam memenuhi tuntutan pasar dan jaman.

“Perajin rotan harus proaktif meningkatkan kualitas dalam merajut karya kerajinan dari rotan. Jadi dirasa perlu Pemkab Katingan memberikan berbagai pelatihan sebagai aksi nyata dalam mengembangkan potensi rotan,” jelasnya.

Baca Juga :  Andrie Elia Uji Mahasiswa Program Doktoral UMM

Dengan adanya upaya tersebut, lanjut dia, diharapkan sumber daya manusia yang bergerak di bidang pengolahan rotan dapat lebih produktif dan memiliki keterampilan yang lebih baik lagi. Hal itu, dapat memenuhi kebutuhan pasar dan bersaing dengan daerah-daerah sekitar, bahkan di luar daerah.

Baca Juga :  Pembangunan Pesantren Tahfiz Quran Al Mubarokah Dimulai

“Kami berharap industri kerajinan rotan dapat terus ditingkatkan lagi. Apalagi Kabupaten Katingan memiliki banyak sumber daya alam rotan melimpah. Itu harus dimanfaatkan untuk menunjang perekonomian masyarakat, terutama bagi para petani dan pelaku usaha rotan,” demikian legislator asal daerah pemilihan III ini. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA