oleh

OMSP TNI Berperan Bantu Pembangunan Daerah

MUARA TEWEH – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melalui Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Yusan Riawan, menyebutkan, Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dilakukan TNI, memiliki peran yang besar dalam membantu pembangunan daerah.

Sebab dalam Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, selain memiliki tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP), TNI juga mengemban tugas melakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dalam pelaksanaan OMSP itu, TNI memiliki tugas utama membantu pemerintah daerah.

Baca Juga :  Kak Chalen, Bangga Menjadi Pembina Pramuka

“Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para Prajurit TNI, Polri, Aparat Pemerintahan Daerah serta segenap komponen masyarakat. Karena semuanya telah bekerja keras guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non fisik yang mencakup lima kabupaten di seluruh wilayah Kodam XII/Tanjungpura,” ucap Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang dibacakan Dandim 1013/Muara Teweh Letkol Inf Yusan Riawan, pada upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 yang turut dihadiri Bupati Barut H Nadalsyah, di Kelurahan Lahei II, Kecamatan Lahei, Barut, Kamis (31/10/2019).

Baca Juga :  Pemko Wajib Menata dan Mengelola RTH

Dia berpendapat, Program TMMD adalah program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian (LPNK) dan Pemda, yang menyinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah. Utamanya, membantu daerah dalam hal percepatan dan peningkatan pembangunan di wilayah, khususnya daerah perbatasan, daerah terpencil atau terisolir, serta daerah tertinggal.

Baca Juga :  Pemkab Barut Tindaklanjuti Usulan Izin Salat Jumat Berjamaah

“Sasaran utama dalam TMMD, yakni meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat, dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan atau daerah tertinggal, miskin, terisolasi, terpencil, daerah perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan, serta daerah lain yang terkena bencana,” ungkapnya.

Oleh karena itu, sampai kapanpun TNI akan tetap konsisten membantu kesulitan rakyat, dan memberdayakan masyarakat. Tujuan akhirnya, menjadikan masyarakat yang sejahtera. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA