oleh

Utamakan Keselamatan Berlalu Lintas

Polres Barsel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Telabang 2021

BUNTOK, inikalteng.com – Polres Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Telabang Tahun 2021, di halaman Mako Polres Lama, Jalan Tugu Buntok, Senin (12/4/2021).

Apel yang dipimpin oleh Kapolres Barsel AKBP Agung Tri Widiantoro dan Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Dwi Tantomo itu, dihadiri Wakil Ketua DPRD Barsel H Moh Yusuf Kalem serta seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

“Permasalahan di bidang lalu lintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” jelas Kapolres Barsel dalam sambutannya.

Baca Juga :  Jalan Masuk Desa Kemawen di Portal Oknum Warga

Diingatkan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kita diharapkan untuk bisa mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Kemudian, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. “Bangun budaya tertib berlalu lintas, dan tingkatkan kualitas pelayanan publik,” harap Kapolres Barsel.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, PT GBSM dan PT MIK Berikan Bantuan 58.000 Masker di Kalteng

Keempat hal tersebut, jelas Agung Tri, memiliki kompleksitas yang tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri. Untuk itu, sinergitas antara pemangku kepentingan menjadi sangat mendalam untuk menemukan akar masalah dan solusinya.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini, adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Karena keselamatan dalam berlalu lintas menjadi hal yang pertama dan yang paling utama,” ucap Agung saat diwawancarai awak media ini.

Baca Juga :  TNI - Polri Siap Antisipasi Karhutla

Lebih lanjut dikatakan, keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan, bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukkan dari political will pengguna lalu lintas, yaitu kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara bermotor maupun pengguna jalan lainnya.

“Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan yang dapat menghambat dan mengganggu Kamseltibcar lalu lintas serta penyebaran virus Covid-19, terlebih memasuki bulan Ramadhan,” jelas Kapolres Barsel. (hly/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA