oleh

Penyakit DBD Harus Tetap Diwaspadai

SAMPIT, inikalteng.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat diminta supaya tetap mewaspadai wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, DBD merupakan salah satu penyakit yang juga mematikan bilamana tidak mendapat perawatan medis secara cepat dan tepat.

“Saat ini kita memang sedang berada di tengah pendemi Covid-19, namun diharapkan Dinas Kesehatan Kotim supaya waspada dan siaga terhadap penyakit lainnya, salah satu demam berdarah,” ujar Anggota Komisi III DPRD Kotim H Bunyamin di Sampit, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga :  Penegak Hukum Didesak Tertibkan Kios Miras Tak Berizin

Politisi PAN ini mengatakan, saat ini kondisi cuaca tampaknya tidak menentu, curah hujan cukup tinggi dan pasti banyak terjadi genangan-genangan air di selokan ataupun plastik bekas, botol dan sebagainya. Itu bisa saja menjadi tempat berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan jenis nyamuk pembawa virus dengue penyebab penyakit DBD.

Baca Juga :  Sejak Desember 2020 Tunjangan ASN di Kotim Belum Dibayar

“Saya berharap RT/RW bisa memberikan sosialisasi kepada warganya agar jangan membuang sampah sembarangan, dan senantiasa membersihkan lingkungannya, supaya nyamuk tersebut tidak berkembang biak,” imbuh Bunyamin.

Dikatakan, Pemkab Kotim harus berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, di mana di Kotim ini kerapkali terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD. Untuk itu, sangat perlu dilakuan antisipasi sejak dini supaya tidak terjadi di tahun 2021 ini dan selanjutnya.

Baca Juga :  Ketum LSR LPMT Kalteng Kecam Dugaan Pemukulan Terhadap Musisi Kalteng

“Kita semua harus waspada. Jangan sampai terjadi KLB DBD di Kotim. Dinas Kesehatan wajib menyiagakan Puskemas dan Pustu guna memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Bunyamin. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA