oleh

Pemprov Kalteng Siap Fasilitasi Pengawasan dari Itjen Kemendagri

PALANGKA RAYA,inikalteng.com – Rencana Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan pengawasan terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diapresiasi penuh. Hal tersebut disampaikan Sekda Kalteng, Nuryakin melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), Suhaemi.

“Kami siap untuk memfasilitasi kegiatan pengawasan ini, nantinya yang direncanakan pada tanggal 3 sampai dengan 12 April bulan depan,” Kata Suhaemi usai menghadiri rapat bersama Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dipimpin oleh KemenItjen Tumonggi Siregar selaku Pengendali Mutu/Pengendali Teknis Tim Audit, di ruang bajakah, Senin (27/3/2023).

Baca Juga :  Gubernur Bermohon Ke Presiden Evaluasi Ijin HGU PBS dan HTI di Kalteng

 

Rapat yang juga dihadiri CRGP Auditor Utama Itjen KDN Aroli Ridwan Larosa selaku Ketua Tim Audit tersebut, Suhaemi menambahkan terkait dengan kegiatan rencana pemeriksaan pengawasan oleh Tim Itjen Kemendagri dengan menggunakan metode pendekatan yang baru.

“Pada prinsipnya Pemprov Kalteng menyambut baik terlaksananya kegiatan ini yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun,” tegasnya.

Inspektur Provinsi Kalteng, Saring menambahkan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah berdasarkan Surat Inspektur Jenderal Mendagri Nomor: 700.1.2.1/525/IJ tanggal 20 Maret 2023 yang ditujukan kepada Gubernur Kalteng tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tahun 2023, oleh Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri yang akan melaksanakan pengawasan pada Pemprov Kalteng selama 10 (sepuluh) hari mulai tanggal 3 s.d 12 April 2023.

Baca Juga :  Kesbangpol akan Bubarkan Ormas Tidak Sesuai Aturan

“Mengawali kegiatan pelaksanaan pengawasan ini, akan dilakukan pemberitahuan pendahuluan untuk menyampaikan teknis terkait data dan informasi yang diperlukan oleh tim Itjen Kemendagri”, tutur Saring.

Saring mengatakan Inspektorat Prov. Kalteng akan mendukung pelaksanaan pengawasan ini.

Baca Juga :  Pudjirustaty Narang Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana

“Terkait data-data yang diminta kepada SKPD yang hadir pada forum ini untuk dapat menugaskan stafnya sehingga memudahkan komunikasi dan diharapkan pengawasan dapat berjalan dengan baik”, tutupnya.

Terkait permintaan data/dokumen dalam rangka pengawasan urusan Pemerintah Daerah di Prov. Kalteng tahun 2023, meliputi Keuangan Daerah Pendapatan Pajak dan Retribusi (bapenda) serta Belanja Daerah (BPKAD dan Sekretariat DPRD), Aset Daerah (BMD), BUMD, Pelayanan Publik, Kepegawaian serta Pembangunan Daerah. (ard/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA