oleh

MBKM, 14 Mahasiswa UPR Ikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) dari berbagai fakultas dan program studi (prodi) dikirim untuk berkuliah secara tersebar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, di antaranya Universitas Khairun (Ternate, Maluku Utara), Universitas Kolaka (Kolaka, Sulawesi Tenggara), Universitas Halu Oleo (Kendari, Sulawesi Tenggara), Universitas Singaperbangsa (Karawang, Jawa Barat), IKIP Budi Utomo (Malang, Jawa Timur) dan lain-lain.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi mengatakan, dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) para mahasiswa ini akan berkuliah selama satu semester di PTN tersebut. Hal ini sesuai Program Mendikbud RI Nadiem Anwar Makarim, bahwa seluruh fakultas dan prodi bisa melakukan kolaborasi dan sinergisitas di seluruh Indonesia untuk meningkatkan daya saing mahasiswa.

Baca Juga :  Dr Berkat Dipercaya Duduki Jabatan WR Umum dan Keuangan UPR

“Jadi, tidak ada lagi batas kota, batas negeri dan batas wilayah. Dalam program MBKM ini mahasiswa bisa berkuliah di mana saja pada perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Bahkan bisa berkuliah di dunia usaha, dunia industri, di instanai pemerintah dan lainnya sebagainya. Mari kita doakan mereka sukses membawa nama baik fakultas dan program studinya. Pesan saya untuk anak-anakku mahasiswa, belajarlah dengan baik. Agar ketika nantinya kembali ke Kampus UPR, menjadi orang yang sukses dan punya daya saing,” kata Andrie Elia.

Baca Juga :  Pendatang Baru ke Palangka Raya Wajib Isolasi Mandiri

Di tempat sama, Wakil Rektor UPR Bidang Akademik Prof Dr Salampak MS menjelaskan, kegiatan perkuliahan ini merupakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, di mana mahasiswa mengambil mata kuliah 20 SKS di universitas di luar UPR. Sedangkan biayanya ditanggung oleh pemerintah.

“Keberangkatan mereka ini sudah tentu membawa nama baik universitas untuk belajar di kampus lain, menyerap ilmu dan hal-hal yang bisa menambah kompetensi. Mereka berkuliah di tempat berbeda, jadi bagaimana mereka belajar bertoleransi, saling menghargai, berkomunikasi, belajar bergaul dengan orang baru dan berbeda,” jelas Salampak.

Baca Juga :  Potensi UPR di Tangan Rektor Dr Andrie Elia Berkembang Pesat

Untuk itu, Salampak beeharap agar semua mahasiswa yang diberangkatkan dalam Program MBKM ini harus bisa membawa nama baik UPR, harus berprestasi yang baik. “Jagalah kesehatan hingga nanti pada saat pulang ke daerah tetap sehat, selamat dan tetap semangat untuk UPR Jaya Raya,” ucap Salampak. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA