oleh

Dewan Soroti Aktifitas Kendaraan Tambang

MUARA TEWEH, inikalteng.com – Kalangan DPRD Barito Utara (Barut), menyoroti aktifitas kendaraan perusahaan pertambangan yang melintasi jalan negara, utamanya jalan negara Muara Teweh – Banjarmasin atau Muara Teweh – Palangka Raya. Bahkan belakangan saat harga batu bara mulai membaik, banyak alat-alat berat diangkut melalui jalur darat menggunakan mobil berbobot besar, yang membawa alat berat seperti traktor dan lainnya.

“Tentu saja ini berimbas pada pengguna jalan raya lainnya. Di mana saat harus berlawanan arah dengan mobil pengangkut alat berat, maka harus ektra hati-hati, karena lebih dari separuh badan jalan dikuasai mobil tersebut,” kata Anggota DPRD Barut H Abri, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga :  Bawa Kayu Ilegal, Dua Warga Kalsel Diamankan Polisi

Menurutnya, karena akfitias tersebut, mobil lainnya yang berlawanan arah harus rela mobilnya turun dari badan jalan jika tidak mau bersenggolan dengan kendaraan besar itu. Sebab pada umumnya, kendaraan besar tidak bisa leluasa ke pinggir jalan karena muatan berat di atasnya.

Baca Juga :  Pekan Seni Mahasiswa UPR Resmi Dibuka

“Parahnya lagi, tidak jarang mobil bermuatan alat berat tersendat di tengah jalan dan merintangi kendaraan lain, karena melintang di badan jalan serta mengakibatkan kemacetan,” tegasnya.

Oleh karena itu, Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menginginkan adanya pengaturan lalu lintas yang dilakukan dinas atau instansi terkait. Terutama bagi yang kendaraan bermuatan berat, semisal ada pengawalan atau pemeriksaan kelaikkan mobil pengangkut alat berat. Sehingga dalam operasionalnya, tidak mengalami kendala yang diakibatkan masalah teknis.

Baca Juga :  DPRD Katingan Tuntut Tanggung Jawab PLN Mendawai

Ditambahkan, kondisi itu harus menjadi perhatian Pemkab Barut melalui instansi terkait. Karena jika dibiarkan berlarut larut, akan mengganggu pengguna jalan lain dan bisa berakibat kecelakaan lalulintas, karena mencoba menghindari mobil muatan alat berat. (mhd/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA