oleh

Pemilihan Ketua RT 14 Serasa Pemilu

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Warga Rukun Tetangga (RT) 14 EW XIV, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, antusias mengikuti pemilihan Ketua RT setempat, Minggu (7/8/2022).

Proses pemilihan pengganti Ketua RT sebelumnya yang menyatakan mengundurkan diri tersebut, berlangsung layaknya proses pemilihan umum (pemilu) kepala daerah. Panitia pelaksana menyiapkan bilik tempat pemungutan suara, surat suara bergambar para calon, tinta, dan keperluan lainnya.

Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 09.00, tatkala puluhan warga antre di TPS yang ditempatkan di ujung Jalan Jatayu Raya. Para petugas TPS, mulai dari panitia hingga saksi, sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih Ketua RT mereka.

Tiga calon Ketua RT 14 (dari kiri) menghadiri acara pemilihan di Pos Kamling RT 14 Jalan Jatayu Raya. Foto: Heri

Layaknya proses pencoblosan, warga yang datang wajib mengisi absensi terlebih dahulu untuk mendapatkan surat suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos kandidat pilihannya. Kemudian, surat suara tersebut dimasukkan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.

Baca Juga :  Wujudkan Eksistensi Dayak di Semua Bidang Pembangunan

Lurah Bukit Tunggal, Subhan dalam sambutannya mengatakan, karena kegiatan ini merupakan pemilihan pengganti, maka surat keputusannya nanti berlaku surut yakni tanggal 1 Juli 2022. Karena untuk pemilihan Ketua RT di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal ini dilakukan pada Januari dan Juli.

“Untuk Ketua RT terpilih, mempunyai hak prerogatif untuk memilih perangkat organisasinya. Dengan terpilihnya Ketua RT yang baru nanti, saya berharap mudah-mudahan akan menambah kenyamanan warga di sini, dan lebih meningkatkan kerja sama dengan RT-RT di sekitarnya,” kata Subhan.

Baca Juga :  Bawa Pisor Kaharingan ke Titik Nol, Harapan dan Doa untuk IKN

Di tempat sama, Ketua RW XIV Simpei Haryanto SH mengingatkan bahwa pemilihan Ketua RT merupakan kebutuhan warga, dan demi kepentingan warga. Untuk itu, pilihlah Ketua RT sesuai hati nurani.

“Siapapun yang terpilih nanti, berarti siap melaksanakan tugas sebagai pimpinan warga dan siap melayani warganya,” ucapnya.

Sementara itu, dalam pemilihan Ketua RT 14 RW XIV ini, ada tiga warga yang mencalonkan diri sebagai calon. Ketiga calon adalah Ahmad Muhajir (nomor urut 1), Wiyadi (nomor urut 2), dan Pujiono (nomor urut 3). Sedangkan suara yang diperebutkan berjumlah lebih dari 100 suara.

Baca Juga :  Pemko Palangka Raya Siap Sukseskan Pilgub 2020

Dalam acara ini, para calon Ketua RT diberikan kesempatan untuk menyampaikan secara singkat visi dan misinya. Tampak hadir pula pihak Babinsa, LKK Bukit Tunggal, Polsek Jekan Raya, tokoh masyarakat dan Ketua RT terdekat.

Hingga batas waktu pencoblosan yang ditentukan berakhir pada pukul 14.00 WIB, pihak panitia langsung menutup pendaftaran pemilih. Kemudian dengan disaksikan semua yang hadir, dilakukan penjumlahan surat suara, yang totalnya sebanyak 126 lembar. Selanjutnya petugas melakukan penghitungan suara setiap calon.

Hasil akhir menunjukkan bahwa calon nomor urut 3 atas nama Pujiono berhasil meraih suara terbanyak yakni 82 suara. Sedangkan calon nomor urut 1 dan 2, Ahmad Muhajir dan Wiyadi sama-sama meraih 22 suara. Dengan demikian, calon atas nama Pujiono resmi ditetapkan sebagai pemenang. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA