oleh

Aset Daerah Harus Diinventarisir, Ini Tujuannya

SAMPIT, inikalteng.com – Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun mendorong pemerintah daerah setempat agar menginventarisir aset-aset daerah, baik yang bergerak maupun tidak, seperti kendaraan, bangunan hingga tanah milik daerah.

“Inventarisasi ini sudah seyogyanya dilakukan oleh pemerintah guna menjaga dan mengamankan aset milik daerah yang sudah ada. Sehingga tidak ada kesempatan untuk pihak lain mengklaim kepemilikan aset tersebut,” kata Rimbun di Sampit, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga :  UPR Masih Terapkan Kuliah Secara Online

“Jika invetarisir sudah dilakukan, hasilnya harus dipublikasikan agar masyarakat mengetahui mana saja yang merupakan aset daerah. Hal ini juga untuk menghindari terjadinya konflik atau sengketa kepemilikan. Karena kita ketahui, tidak tidak jarang aset pemerintah daerah, diklaim pihak lain. Maka sudah seharusnya kita menjaga aset yang ada dengan sebaik-baiknya,” tegas Rimbun.

Baca Juga :  Pendamping Desa Diminta Maksimal Melaksanakan Tugas

Ia mencontohkan, lahan kuburan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Km 6,5 yang bersengketa dengan perusahaan perumahan. Hal itu harus menjadi pelajaran bagi pemerintah daerah agar tidak terulang kembali.

“Karena aset daerah ini juga hak masyarakat banyak. Jadi, jangan sampai daerah maupun masyarakat dirugikan karena kelalaian dari pemerintah yang tidak menginventarisir asetnya,” pungkas Legislator PDI Perjuangan ini.(ya/red1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA