oleh

Wartawan Diingatkan Lawan Ketidakadilan

MUARA TEWEH – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) Parmana Setiawan, mengingatkan agar wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat dapat selalu melawan ketidakadilan melalui tulisan-tulisannya.

Pasalnya, wartawan melalui medianya masing-masing mempunyai peran yang besar dalam arus globalisasi pembangunan, peningkatan ekonomi, pendukung Kamtibmas, dan media kontrol sosial. Karena melalui tulisan wartawan, pemerintah daerah dapat mengetahui hal-hal kecil yang luput dari perhatian.

Baca Juga :  Maksimalkan Peran Pendidikan

“Pers di bawah naungan PWI Barito Utara telah menjadi mitra yang baik selama ini, dalam mengawal kinerja DPRD Barut maupun dalam setiap pelayanan kepada masyarakat, baik di saat reses, pada rapat kerja dewan, dan lain-lain. Tentu keberadaan insan pers ini sangat dibutuhkan, sebagai perpanjangan tangan dalam menyuarakan apa telah dilakukan, baik oleh pemerintah daerah (eksekutif) maupun DPRD (legislatif),” ungkapnya, Minggu (3/1/2020).

Baca Juga :  Warga Kalteng Diingatkan Antisipasi Karhutla Sejak Dini

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, menambahkan, sebagai salah satu unsur terpenting, pers dituntut untuk bertanggungjawab dalam menjalankan profesinya. Terutama, ketika membuat berita dan menyiarkannya kepada publik.

Tidak itu saja, wartawan mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai seorang profesional yang berkewajiban menyampaikan berita kepada publik agar masyarakat well inform. Sedangkan dalam menjalankan fungsinya sebagai politisi, wartawan diharapkan mampu menciptakan perlawanan rakyat terhadap terjadinya ketidakadilan sosial.

Baca Juga :  Warga UPT Hyang Bana Berharap Adanya Program Bedah Rumah

“Dunia pers identik dengan media massa, seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, serta media daring. Tapi wartawan zaman now, profesi Insan Pers adalah sahabat terdekat semua kalangan, karena mereka (wartawan) selalu ada di saat suka maupun duka,” pungkasnya. (mhd/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA