oleh

UTBK SBMPTN 2021 Dimulai, Peminat UPR Meningkat Signifikan

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Ujian Tulis Berbasis Komputer   untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (UTBK SBMPTN) Tahun Akademik 2021/2022, untuk gelombang pertama secara serentak di seluruh Indonesia dimulai hari ini, Senin (12/4/2021).

Khusus di Universitas Palangka Raya (UPR), kegiatan dalam rangka penerimaan calon mahasiswa baru itu, diikuti sebanyak 4.405 peserta dari 17 provinsi di Indonesia.

“Minat calon mahasiswa baru untuk mendaftarkan diri melalui jalur SBMPTN di berbagai fakultas dan program studi  di Universitas Palangka Raya tahun 2021 ini terjadi peningkatan yang signifikan. Untuk pilihan Saintek, Soshum dan Campuran berjumlah 4.405 orang. Jumlah ini meningkat 27 persen dibandingkan peserta pada tahun 2020 lalu yang sebanyak 3.477 orang,” jelas Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi dalam sambutannya pada acara Pembukaan UTBK SBMPTN Tahun Akademik 2021/2022 di Gedung UTBK UPR, Senin pagi.

Peningkatan ini, lanjutnya, merupakan indikator berhasilnya promosi tentang UPR, serta menjadi spirit dan energi baru bagi UPR untuk terus berupaya agar menjadi lebih baik, maju, dan berkembang. “Hal itu sesuai dengan visi UPR untuk menjadi universitas maju dan terkemuka, mempunyai daya saing dan dikenal di tingkat Nasional bahkan Internasional,” kata Andrie Elia.

Baca Juga :  Kalteng Alokasikan Ratusan Miliar untuk Hadapi Karhutla

UTBK di Universitas Palangka Raya yang dimulai hari ini, menggunakan 11 laboratorium komputer dan 25 sesi ujian. Pelaksanaannya untuk tahap pertama tanggal 12 sampai 18 April 2021, dan tahap kedua tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, Rektor UPT berpesan kepada Panitia Pelaksana UTBK, baik Tim Teknis (Tim IT), Koordinator Pelaksana, Pengawas Ruangan, Tim Medis dan semua komponen yang terlibat, agar memastikan pelaksanaan UTBK di lingkungan Universitas Palangka Raya dijalankan sesuai SOP dan Petunjuk Teknis yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Terapkan Protokol Kesehatan secara ketat seperti yang tertuang dalam Surat Komitmen Bersama antara Panitia UTBK UPR dengan Ketua Harian SatuanTugas Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya.

Baca Juga :  Harmonisasi UPR Menuju Indonesia Maju

“Kita berharap, dengan dijalankannya SOP dan Protokol Kesehatan, serta perlindungan yang sempurna dari Tuhan Yang Maha Esa, baik peserta maupun panitia aman dan sehat wal’afiat. Selamat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kami yakin bahwa pilihan kalian memilih UPR adalah pilihan yang tepat dan terbaik untuk menggapai cita-cita dan harapan masa depan yang gemilang,” ucap Andrie Elia.

Sebelumnya, Ketua Panitia UTBK-SBMPTN UPR Prof Dr Salampak Dohong MS melalui Wakil Ketua Panitia Prof Dr Sulmin Gumiri MSc melaporkan, UTBK UPR 2021 ini diikuti peserta sebanyak 4.405 orang. Untuk Gelombang I jumlah peserta sebanyak 2.554 orang, dan peserta pada Gelombang II sebanyak 1.851 orang.

Peserta pada Kelompok Ujian Saintek tercatat sebanyak 1.536 orang, Kelompok Ujian Soshum 2.210 orang, dan Kelompok Ujian Campuran sebanyak 659 orang.

“Dari data yang ada, peserta UTBK 2021 ini yang berasal dari Kalteng sebanyak 4.302 orang atau 98 persen dari total peserta. Jumlah ini menunjukkan terjadi kenaikan minat yang luar biasa dari anak-anak SMA dan sederajat untuk kuliah di Universitas Palangka Raya,” jelas Sulmin Gumiri, yang juga Wakil Rektor UPR Bidang Perencanaan dan Kerja Sama.

Baca Juga :  Masyarakat Antusias Datangi Layanan Keliling

Selain itu, peningkatan tersebut  mencermin semakin baiknya kualitas UPR dan juga hasil nyata dari kerja keras Tim Promosi UPR yang telah bekerja luar biasa dengan bergandengan tangan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah melakukan sosialisasi tentang keberadaan dan perkembangan kemajuan di UPT.

“Secara nasional, Universitas Palangka Raya juga diminati oleh para lulusan SMA dan SMU dari  17 provinsi lain di Indonesia di luar Kalimantan Tengah, mulai dari Aceh di ujung paling barat hingga provinsi Maluku di Indonesia timur. Peta distribusi anak-anak bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UPR ini, juga mencerminkan bahwa UPR semakin dikenal luas di tanah air dan sangat berpotensi untuk menjadi universitas papan atas di Indonesia pada masa-masa yang akan datang,” terang Sulmin Gumiri. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA