oleh

Pelaksanaan Akreditasi Rumah Sakit untuk Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien

KUALA KAPUAS – Sejumlah petugas RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, terus berupaya meningkatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. Salah satunya dengan mengikuti Webinar Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) yang dilaksanakan oleh KARS, PERSI, dan Komite Nasional Keselamatan Pasien-Kemenkes RI. Kegiatan ini diikuti secara daring melalui video conference dari Aula RSUD Kuala Kapuas.

Webinar online ini dilaksanakan selama dua hari mulai Selasa (26/1/2021) hingga Rabu (27/1/2021), dipimpin Ketua Tim Akreditasi RSUD Kapuas yang juga Kepala Bidang (Kabid) Keperawatan, Hikmayanti, serta diikuti oleh semua Ketua dan Sekretaris Pokja yang berjumlah 16 Pokja.

Baca Juga :  Rumah Ibadah di Palangka Raya Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Dijelaskan Hikmayanti, materi webinar PMKP ini sangat penting bagi seluruh Tim/Pokja (Kelompok Kerja), karena Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien adalah tujuan utama dalam pelaksanaan Akreditasi Rumah Sakit. Materi yang diberikan sesuai Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1.1.

Baca Juga :  Dubes Belanda Temui Keluarga Korban Kecelakaan Sungai Sebangau
Hikmayanti

“Banyak kegiatan yang harus disiapkan untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut. Mulai dari menentukan struktur organisasi dan alur kerja Tim PMKP, penetapan prioritas di rumah sakit, penetapan indikator mutu area manajemen, klinis, dan sasaran keselamatan pasien seperti pengukuran indikator untuk menilai capaian, penyusunan serta implementasi clinical pathways, hingga penyusunan laporan PMKP,” jelas wanita yang akrab disapa Yanti ini.

Baca Juga :  H Sugianto Sabran Nyatakan Siap Menjalin Kerja Sama dengan UEA

Dia pun mengharapkan dengan adanya webinar PMKP ini, dapat meningkatkan pengetahuan dari seluruh Tim/Pokja Akreditasi Rumah Sakit Kapuas. Sehingga tujuan utama dari Akreditasi Rumah Sakit itu sendiri dapat tercapai.

“Kita berupaya mendapatkan predikat Rumah Sakit Paripurna, walaupun kondisinya terkini tenaga kesehatan Rumah Sakit Kapuas sendiri masih berjuang dalam penanganan pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia hingga saat ini,” pungkasnya. (hy/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA