oleh

Moeldoko Ingatkan Mahasiswa KKN Kebangsaan Agar Menghargai Kearifan Lokal

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko mengingatkan mahasiswa yang menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan dan KKN Bersama Tahun 2022 untuk menghargai kearifan lokal maupun budaya yang dimiliki daerah setempat.

Hal ini ditegaskan Moeldoko didampingi Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi usai pertemuan sebelum menghadiri acara penutupan KKN Kebangsaan di Stadion Mini UPR, Jumat (19/8/2022).

Baca Juga :  Kunjungi UPR, Ketua DPD RI Disambut Upacara Adat Dayak Kalteng

“Generasi muda dalam kaitannya dengan KKN Kebangsaan yang terdiri dari mahasiswa berbagai daerah harus menghargai dan memahami kearifan lokal,” kata Moeldoko.

Selain itu, Moeldoko juga mengingatkan mahasiswa harus mengetahui budaya, adat istiadat serta sumber daya yang dimiliki suatu daerah. Karena para mahasiswa ini suatu saat akan jadi pemimpin, namun harus memiliki jiwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga :  Sumbangan Pihak Ketiga untuk Jalan Lingkar Selatan Harus Transparan

“Jangan sampai sebagai warga pendatang malah menyalahkan atau mengoreksi budaya daerah yang sudah ada dan tumbuh berabad-abad. Kecenderungan sekarang, pendatang justru menyalahkan budaya dan adat istiadat yang sudah ada sejak lama, ” ujarnya.

Baca Juga :  Wagub Kalteng Apresiasi Capaian Pemkab Lamandau

Karena itu, Moeldoko mengharapkan keberadaan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam KKN Kebangsaan semakin lebih memahami akan budaya dan kearifan lokal daerah. Sehingga makin memperkaya khasanah budaya Indonesia. (adn/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA