oleh

Kehadiran Karang Taruna Harus Membawa Manfaat bagi Masyarakat

MUARA TEWEH – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah menegaskan, kehadiran Karang Taruna harus dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Pasalnya, Karang Taruna adalah organisasi swadaya masyarakat yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Hal tersebut, diungkapkan H Nadalsyah ketika membuka Kemah Wisata Bulan Bhakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Kabupaten Ke-I, sekaligus melantik pengurus sembilan kecamatan, di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Sabtu (21/12/2019).

Baca Juga :  Ratusan Mahasantri Deklarasikan Dukungan ke Ganjar Pranowo

“Kegiatan ini, dapat dijadikan momen penguatan integritas Karang Taruna di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. Tumbuhkan rasa peduli kepada sesama, terutama bagi mereka yang menjadi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), dan pertahankan budaya gotong royong agar tidak luntur ditelan masa,” pesannya.

Tidak itu saja, Bupati juga mengharapkan kegiatan tersebut juga sebagai ajang konsolidasi organisasi dan forum silaturrahmi, sebagai media informasi dan komunikasi sesama aktivis Karang Taruna.

Baca Juga :  Diduga Korupsi Rp2,6 Miliar, Dua Pegawai BRI Jadi Tersangka

Selain itu, juga merupakan gerakan langsung kiprah dan karya nyata Karang Taruna di tengah-tengah masyarakat, serta sebagai wahana akbar pertemuan tahunan Karang Taruna Barut untuk berbagi rasa dan karsa, serta kepedulian sosial pada masyarakat.

“Saya juga berpesan, agar kehadiran aktivitas Karang Taruna di kancah perkembangan zaman yang serba modern turut mewarnai peningkatan sumber daya manusia generasi muda bangsa, khususnya dalam pergerakan pembangunan kesejahteraan sosial di desa maupun kelurahan,” sebutnya.

Baca Juga :  Satpol PP dan Damkar Barut Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran

H Nadalsyah juga berpendapat, sebagai organisasi sosial dan mitra kerja pemerintah khususnya di bidang usaha kesejahteraan sosial, Karang Taruna dituntut proaktif dan kreatif dalam menjalankan roda organisasinya. Utamanya, dalam upaya turut serta mempercepat pembangunan dan tugas-tugas pemerintah, salah satunya dalam pemberdayaan masyarakat dan penanganan PMKS. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA