oleh

Karang Taruna Penggerak Pemuda dalam Kesejahteraan Sosial Masyarakat

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Sekda Kalteng H Nuryakin melalui Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Suhaemi, secara resmi membuka kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna Kalteng 2022.

Bertempat di Hotel Neo Palma Palangka Raya, Selasa (29/11/2022), Suhaemi, menuturkan, Karang Taruma harus mampu menjadi penggerak para pemuda, khususnya dalam kesejahteraan sosial masyarakat.

Sebab, Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran, serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat, khususnya generasi muda di Kalteng.

Baca Juga :  Pelaksanaan PTM Belum Dipastikan

“Kehadiran Karang Taruna memiliki peran dalam pembangunan masyarakat. Terutama pada peningkatan potensi dan peran aktif generasi muda dalam bidang kesejahteraan sosial,” ucapnya.

Lebih lanjut, Suhaemi, menyebutkan, Karang Taruna merupakan mitra pemerintah yang diharapkan dapat mendukung dan menyukseskan program pemerintah.

“Karang Taruna diharapkan sebagai sosial kontrol dan tenaga penggerak dalam merangkul para pemuda-pemudi, untuk memberikan kepedulian pada kondisi sekitar, sekaligus menjadi jembatan penghubung antara pemerintah dan masyarakat dalam harmoni sosial yang kuat dan saling menguatkan, guna menciptakan SDM yang unggul dan terampil,” terangnya.

Baca Juga :  Data Geospasial Penting untuk Perencanaan Pembanguan

Dia mengharapkan, pertemuan itu dapat dijadikan sebagai momentum evaluasi dan introspeksi dalam rangka peningkatan mutu Karang Taruna, sebagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang ada di masyarakat.

“Karang Taruna harus mampu mengeksistensikan diri sebagai kekuatan pembaharu yang prima, kreatif, penuh inisiatif, partisipatif, dan bertanggungjawab. Dengan harapan, keberadaan Karang Taruna pada masa mendatang berkembang ke arah yang lebih baik,” pungkas Suhaemi.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspada

Sementara Kepala Seksi Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kalteng, Noriyah, menyampaikan kegiatan itu bertujuan agar terpeliharanya semangat yang melatarbelakangi lahirnya organisasi Karang Taruna, sebagai organisasi dengan keanggotaan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, aliran politik, dan status sosial terhadap keberadaan Karang Taruna.

Kemudian, terbina dan terjalinnya kerja sama antar Karang Taruna selaku penyelenggara kesejahteraan sosial, dan terpilihnya Karang Taruna yang layak ditampilkan sebagai model dalam upaya meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kalteng. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA