oleh

Kalteng Waspada Hujan dengan Intensitas Lebat

PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) Tjilik Riwut, Palangka Raya, memperingatkan agar sepekan ke depan Kalteng dan sejumlah provinsi lainnya di Indonesia untuk waspada curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir atau kilat.

Berdasarkan informasi yang diterima inikalteng.com dari BMKG Stamet Tjilik Riwut, Palangka Raya, Jumat (24/1/2020), potensi hujan lebat disertai petir itu diprakirakan akan melanda pada 24 sampai 29 Januari 2020.

Potensi hujan lebat disertai petir tersebut, disebabkan sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung, yang diprakirakan akan terbentuk pada 24 hingga 26 Januari 2020, dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Baca Juga :  Disnakertrans Kalteng Berikan Pembekalan Kepada Calon Wisudawan IAIN

Selain itu kondisi atmosfer Indonesia yang labil, juga menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer. Kedua faktor tersebut, menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

Karenanya BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, atau pada 24 sampai 26 Januari 2020 curah hujan dengan intensitas lebat disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Baca Juga :  Warga Doakan Sugianto Sabran Pimpin Kalteng Dua Periode

Kemudian, wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, serta Papua.

Sedangkan pada periode 27 sampai 29 Januari 2020, curah hujan dengan intensitas lebat disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Baca Juga :  34 Petugas PTPS Seruyan Raya Dilantik

Sementara berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, Status Siaga potensi banjir atau genangan pada 24 sampai 25 Januari 2020 perlu diwaspadai di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA