oleh

Budidaya Ikan Lokal Perlu Dukungan Pemerintah Daerah

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalteng, Sudarsono mengatakan, budidaya ikan lokal yang digeluti oleh masyarakat di provinsi ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait.

Dukungan pemerintah sangat penting agar usaha masyarakat itu bisa lebih maju dan berkembang. Sehingga dapat memberikan dampak kesejahteraan dari peningkatan perekonomian, terlebih lagi potensi budidaya ikan lokal.

Baca Juga :  Abdul Razak Bagikan Ribuan Paket Kebutuhan Pokok untuk Warga Terdampak Banjir

“Saat ini banyak masyarakat yang membudidaya ikan lokal tapi kerap kesulitan, maka dari itu dukungan dari pemerintah sangat penting supaya usaha tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan daerah dari sektor perikanan,” ucap Sudarsono, Kamis (23/3/2023).

Dia menjelaskan, saat ini yang kerap menjadi persoalan dalam membudidaya ikan lokal itu terkait pengembangbiakan. Misalnya saja seperti ikan gabus, dalam hal pengembangbiakan langsung dari telur masih kesulitan. Karena masyarakat kekurangan sarana dan prasarana yang digunakan.

Baca Juga :  Ketua Komisi I DPRD Kalteng Minta Perketat Pengawasan Pemilu

“Padahal ikan gabus ini begitu dicari masyarakat karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, terlebih lagi bagi orang pasca operasi. Kurangnya stok ikan gabus sering kali mengalami kelangkaan di pasaran. Untuk saat ini, yang dijual itu merupakan hasil tangkapan,” tuturnya.

Baca Juga :  Dukungan Pemerintah Terhadap Seni dan Budaya Perlu Ditingkatkan

Sudarsono berharap, pemerintah daerah dapat memperhatikan hal tersebut agar usaha masyarakat dapat memberikan dampak terhadap kebutuhan ikan, terutama ikan gabus agar selalu bisa dipenuhi karena memang permintaan pasar kerap kali meningkat. (pri/red1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA