oleh

Pemprov Kalteng Mulai Distribusikan Vaksin Covid-19

PALANGKA RAYA – Pemprov Kalteng melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 ke seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng. Pendistribusian vaksin tersebut, secara simbolis dilepas Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng, di Bundaran Besar Palangka Raya, Sabtu (9/1/2021).

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinkes Kalteng Suyuti Syamsul, mengatakan, selain penerapan kedisiplinan protokol kesehatan, penanggulangan pandemi Covid-19 memerlukan upaya intervensi khusus, salah satunya vaksinasi.

“Dalam hal ini, vaksin Covid-19 yang telah diterima Pemprov Kalteng pada 5 Januari 2021 sebanyak 14.680 dosis. Dan pada hari ini, kita sama-sama akan menyaksikan pengirimannya ke kabupaten dan kota, sesuai dengan porsi tenaga kesehatan yang ada di masing-masing wilayah,” katanya.

Baca Juga :  Dua Klotok Terlibat Kecelakaan di Sungai Mantangai

Namun demikian, Gubernur menegaskan, meski vaksin Covid-19 nantinya telah didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota, pelaksanaan vaksinasi tetap harus menunggu adanya Otorisasi (Izin) Penggunaan Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Otorisasi itu, sesuai arahan Presiden. Di mana penyuntikan vaksin dapat dilakukan setelah ada Otorisasi Penggunaan Darurat oleh Badan POM yang dilakukan secara bertahap, dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dan Vaksinator yang terlatih.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan, sehingga otorisasi itu bisa keluar. Dan kami meminta kepada pihak kabupaten dan kota melalui Dinas Kesehatan, untuk tidak mendistribusikan dulu ke Puskesmas sampai ada Otorisasi Penggunaan Darurat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemkab Bartim Kucurkan Anggaran Pembangunan Infrastruktur Kesehatan

Selanjutnya, kelompok prioritas penerima vaksin Covid-19 tahap pertama adalah seluruh tenaga kesehatan dan penunjang fasilitas pelayanan kesehatan, serta petugas tracing kasus Covid-19. Pada tahap berikutnya meliputi petugas pelayanan publik esensial sebagai garda terdepan, antara lain TNI, Polri, Satpol PP, petugas pelayanan publik transportasi, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Diakhir sambutan, Gubernur mengharapkan pengiriman vaksin Covid-19 dapat tiba di tempat tujuan sesuai yang telah dijadwalkan. Dia juga menyampaikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan maupun aparat TNI dan Polri, yang terlibat dalam pendistribusian vaksin. Sehingga pada saatnya nanti, dapat dilaksanakan vaksinasi secara serentak dan menyeluruh.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Apresiasi Relawan Sosial dan RT dalam Membantu Masyarakat

Ditambahkannya, pelaksanaan pengiriman vaksin Covid-19 ke kabupaten dan kota dijadwalkan berlangsung hingga 12 Januari 2021, melalui jalur darat dan udara. Ada dua kabupaten yang pengirimannya melalui jalur udara, yaitu Kabupaten Gunung Mas dan Murung Raya. Pendistribusian tersebut dilakukan melibatkan pengamanan dari aparat Polri dan TNI, sehingga vaksin dapat aman didistribusikan sampai tempat tujuan.

Terpisah, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengungkapkan, dalam mengamankan pendistribusian vaksin Covid-19 pihaknya tidak sendiri. Melainkan dibantu Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan jajaran, dalam mengamankan dan mengawal sampai betul-betul vaksin itu berada di 14 kabupaten dan kota, serta selama pelaksanaan vaksinasi nantinya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA