oleh

Mantan Bupati Lamandau Daftar Bacawagub

PALANGKA RAYA – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng 2020 mendatang, diprediksi bakal terjadi persaingan ketat di antara para kontestan. Sejumlah figur sudah menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi. Selain petahana, juga bermunculan nama-nama lainnya dan bahkan sudah mendaftar ke partai politik (parpol). Di antaranya ada nama bupati aktif, mantan bupati, pimpinan parpol, pengusaha dan tokoh masyarakat.

Salah seorang di antaranya adalah mantan Bupati Kabupaten Lamandau dua periode tahun 2008-2013 dan 2013-2018 Dr Ir Marukan MAP. Dia juga ingin mengabdi untuk masyarakat Provinsi Kalteng dan resmi mendaftar ke Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai Bakal Calon Wagub.

Baca Juga :  Gubernur Sampaikan Usulan PSBB Kapuas ke Menkes

Marukan sapaan akrabnya adalah putra daerah Lamandau kelahiran Bayat 1958. Ketika mendaftar kemarin, dirinya didampingi istri, keluarga dan orang dekatnya.

Nama Marukan tidak asing lagi di kalangan masyarakat Kalteng. Rekam jejaknya sebelum jadi Bupati Lamandau sebagai dosen di Fakultas Pertanian Jurusan Kehutanan dan menjabat sebagai Wakil Dekan di Universitas Palangka Raya. Selanjutnya menjadi, Sekwan dan Sekda di Kabupaten Lamandau, hingga akhirnya menjadi bupati dua periode di kabupaten setempat.

“Kedatangan kami ke Partai Golkar untuk mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur periode 2020-2024. Saya mendaftar hanya sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur saja, dan tidak muluk-muluk. Siapa saja nantinya pasangan saya, saya siap menerima dan menjalankan amanah yang ditugaskan,” ucap Marukan.

Baca Juga :  Rusunawa di Barut Tidak Dapat Dihuni

Menurut dia, dengan pengalaman yang dimiliki merupakan modal dasar untuk maju sebagai salah seorang peserta pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan ini. Selain memiliki berbagai pengalaman di masa lalu, tentunya dukungan keluarga, kerabat dekat, tokoh masyarakat, akademisi dan politisi, makanya Marukan siap menyatakan maju.

Siapa saja menjadi pasangannya nanti, akan siap satu visi dan misi dengan Bakal Calon Gubernur Kalteng lima tahun mendatang. Dia juga menyatakan siap memajukan Kalteng dalam segala bidang.

Baca Juga :  UPR Lakukan Perubahan Cuti Bersama dan Penyesuaian Kegiatan Akademik

“Maju sebagai wakil, bukan berarti tidak mampu dari segi pengalaman,” ujar Marukan yang memiliki segudang prestasi di masa menjadi Bupati Lamandau.

Apabila menjadi Wakil Gubernur Kalteng, Marukan mengaku siap memberikan sumbangsih dan ingin memajukan daerah ini untuk kepentingan masyarakat Kalteng.

“Namun jika belum diberikan kesempatan, tentu saya tidak akan kecewa. Yang paling utama, saya berusaha terlebih dahulu dengan mendaftarkan diri ke partai politik,” ungkapnya.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA