oleh

DPRD Gumas Gelar Rapat Paripurna. Ini Agendanya

KUALA KURUN, inikalteng.com – DPRD Kabupaten menggelar rapat paripurna ke-4, masa persidangan II pada, Rabu (24/3/2021).

Rapat paripurna ini dengan agenda penyampaian hasil reses anggota DPRD Kabupaten Gumas, beberapa waktu lalu.

Hasil reses dari Daerah Pemilihan (Dapil) I disampaikan Pdt Rayaniatie Djangkan. Anggota DPRD Gumas dari PAN ini menyembut, ada sejumlah usulan disampaikan masyarakat dari dapil I.

“Masyarakat mengusulkan adanya pembangunan Jembatan Sahai Dahan di Desa Hurung Bunut dan rehabilitasi rumah guru dan kepala SDN Pilang Munduk,” kata Raya, pangilan akrab Rayaniatie Djangkan.

Selain itu, tambah Raya, masyarakat dari dapil I mengusulkan adanya pembangunan jedung baru SDN 1 Kampuri. Kemuduan usulan bantuan bibit ikan, pelatihan bagi Kelompok Tani Sambelum di Desa Rangan Tate, dan pengembangan lahan pertanian Desa Tuyun.

Baca Juga :  Positive Covid-19 in Central Borneo Increases to 60 People

Selanjutnya, masyarakat berharap adanya pembangunan tower Telkomsel di Desa Rabauh, pengadaan mesin pembuat pakan ternak di Desa Tewai Baru, pengadaan ayam petelor, kandang dan pakan ternak untuk Gapoktan Riak Pendem di Desa Pematang Limau serta pengadaan buku perpustakaan SDN Pematang Limau.

“Dapil I meliputi Kecamatan Kurun, Mihing Raya dan Sepang,” kata Raya.

Binartha

Hasil reses dari dapil II disampaikan, Binartha. Wakil Ketua DPRD Gumas ini menjelaskan, terdapat sejumlah usulan disampaikan masyarakat.

Selain peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, masyarakat mengusulkan agar penambahan fasilitas pendidikan dan tenaga pendidik.

Baca Juga :  Pangdam dan Keluarga Besar Kodam Tanjungpura Berduka

“Masyarakat berharap adanya penambahan tenaga kesehatan di pedesaan, dan peningkatan keterampilan,” sebutnya.

Dapil II meliputi Kecamatan Manuhing, Manuhing Raya, Rungan, Rungan Hulu dan Rungan Barat.

Evandi

Untuk hasil rese dapil II disampaikan, Evandi. Anggota DPRD dari Partai NasDem menyampaikan, banyak aspirasi di sampaikan masyarakat.

Masyarakat Kecamatan Tewah mengusulkan pembangunan WC TK dan pagar sekolah di Desa Rangan Mihing, pembangunan ruang perpustakaan SDN 8 Tewah, dan pengaspalan Jalan Nyai Balau RT 9 di depan Kantor Kelurahan Tewah.

Masyarakat Kahut mengusulkan pengadaan bibit ternak, pembangunan pagar sekolah SDN 2 Tumbang Miri. Kemudian, perbaikan jalan depan SMAN Tumbang Miri, bantuan bibit ternak ayam kampung dan bibit sapi, serta pemeliharaan ruas jalan di Kelurahan Tumbang Miri.

Baca Juga :  Ombudsman Kalteng Diminta Maksimal Sosialisasi Tupoksi

Selanjutnya, masyarakat Damang Batu mengusulkan adannya penyediaan sarana air bersih, pembangunan jembatan penghubung antar Desa Tumbang Mahuroi dan Karetau Sarian, dan pembangunan rumah dinas tenaga kesehatan di Tumbang Mahuroi.

Untuk Kecamatan Miri Manasa, usulan masyarakatnya antara lain pengadaan bibit babi dan ayam pedaging di Kelurahan Marikoi dan Desa Tumbang Manyoi, peningkatan jalan di lingkungan Kelurahan Tumbang Napoi.

“Masyarakat juga mengusulkan adanya penanganan pengerjaan ruas jalan Tumbang Miri – Tumbang Napoi,” kata mantan Presiden BEM Universitas Palangka Raya ini. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA