oleh

Wow, Kalteng Dapatkan Alokasi DD Rp1,403 Triliun

PALANGKA RAYA – Alokasi Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2020 cukup fantastis. Totalnya mencapai Rp1,403 triliun lebih.

Besaran alokasi DD untuk Bumi Tambun Bungai ini diketahui dalam Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan DD Se-Kalteng, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (20/2/2020).

Baca Juga :  Bupati Barut Tinjau Sejumlah Pembangunan Infrastruktur

“Alokasi dana desa sebesar Rp1,403 triliun lebih tersebut diperuntukan bagi 1.433 desa yang tersebar di 13 kabupaten se-Kalimantan Tengah,” kata Inspektur Provinsi Kalteng Sapto Nugroho.

Ia berharap pihak terkait melakukan pengawasan secara ketat agar pengunaan DD ini tetap sasaran dan mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanan program maupun kegiatan.

Baca Juga :  Pemangku Kepentingan Didorong Percepatan Pembangunan Kelautan dan Perikanan

“Alokasi anggaran dana desa ini perlu pengawasan dan pengawalan yang Iebih intensif dari pihak-pihak yang terkait sehingga dapat memberi keyakinan bahwa dana desa telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan,” kata dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni mengatakan, setiap tahun DD yang dikucurkan pemerintah mengalami peningkatan.

Baca Juga :  PWI Bartim Salurkan Bantuan ke Sejumlah Desa

“Keberadaan alokasi dana desa ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan di berbagai bidang, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta pengembangan ekonomi desa,” kata Agus Fatoni. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA