oleh

Waspadai Muntaber, Ketersediaan Obat Harus Diperhatikan

SAMPIT, inikalteng.com – Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur (Dinkes Kotim) diminta supaya memperhatikan ketersediaan obat-obatan di Puskesmas hingga di Pustu-pustu di pelosok desa. Karena pada saat musim hujan seperti sekarang ini disinyalir rentan berbagai macam penyakit.

Salah satunya muntah disertai berak (muntaber). Penyakit yang ditandai dengan seringnya buang air besar disertai muntah ini, dapat menyerang siapa saja.

Baca Juga :  Ini Penyebab Stok Darah Cepat Kosong, Dewan Minta Perkuat Donor Darah

“Muntaber bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Meski tergolong penyakit ringan, tapi bila tidak ditangani dengan benar, muntaber dapat menjadi penyakit yang serius,” ujar Megawati di Sampit, Sabtu (24/9/2022).

Diungkapkan Mega, saat ini banyak masyarakat yang sakit flu, dan juga deman. Ini terjadi pada orang dewasa, sementara anak-anak banyak yang memderita diare. Mungkin karena pasca banjir serta kondisi cuaca di daerah kita yang kurang baik untuk kesehatan. “Karena itu selain pihak Dinas Kesehatan yang harus siaga, masyarakat juga harus hati-hati. Jika ada yang menderita sakit dengan gejala seperti diare, segera bawa ke petugas kesehatan untuk ditangani secara medis,” kata Mega.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Kembali Lepas Rombongan Bantuan Banjir

Untuk diketahui, umumnya muntaber diakibatkan oleh virus, kuman atau bakteri. Kuman yang masuk ke saluran pencernaan melalui makanan yang telah tercemar akan menyebabkan peradangan. Sehingga muncul gejala-gejala seperti sakit perut, kembung dan mual serta muntah-muntah, demam tinggi, tidak ada nafsu makan, lemas, dan dehidrasi. Penyakit ini sangat mudah menular. Sehingga harus selaku diwaspadai. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA