oleh

Waspadai Karhutla di Puncak Musim Kemarau

SAMPIT, inikalteng.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Rudianur, mengingatkan agar pemerintah daerah beserta masyarakat di Kotim supaya mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada puncak musim kemarau tahun ini.

Prakiraan awal musim kemarau yang dimulai pada April 2021 ini, akan mencapai puncaknya di bulan Agustus 2021 mendatang. Pada saat puncak musim kemarau itu, perluasan wilayah yang terancam karhutla akan meningkat.

Baca Juga :  Dewan Prihatin RS Murjani Belum Siap Tangani Pasien Virus Covid-19

“Meski musim kemarau pada tahun ini tidak sekering musim kemarau tahun 2015, namun ancaman karhutla tentu selalu ada. Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemerintah daerah untuk mewaspadai daerah rentan karhutla, salah satunya di Pulau Kalimantan termasuk Kabupaten Kotim,” kata Rudianur di Sampit, Senin (26/4/2021).

Baca Juga :  Pelatihan Calon Dewan Hakim MTQ Berjalan Lancar Hingga Selesai

Menurut Legislator Partai Golkar ini, penting untuk memantau tingginya permukaan air lahan gambut. Jika jauh berkurang, maka harus ada upaya intervensi dengan teknologi, baik lewat dipompa agar air disalurkan maupun dengan hujan buatan.

“Karena dengan lahan gambut yang basah, maka potensi karhutla di daerah tersebut akan berkurang. Tapi kalau dibiarkan kering, akan jadi bahan bakar kebakaran lahan,” jelasnya.

Baca Juga :  Izin Reklame Rokok di Kotim Dihapus

Apalagi, tambahnya, saat ini di Kotim sudah beberapa kali terjadi karhutla. Meski belum dalam kategori besar, namun hal itu menandakan bahaya karhutla sudah mulai mengancam.

“Karena itu, perlu kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat agar terhindar dari bencana karhurla,” ucap Rudianur. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA