oleh

Warga Teluk Palinget Sulap Purun Jadi Produk Kerajinan Cantik dan Bernilai Jual

KUALA KAPUAS – Kerajinan tangan berupa anyaman purun, yang terdapat di Desa Teluk Palinget, Kecamatan Pulau Petak, dinilai merupakan salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Kapuas. Di tangan kreatif warga setempat, purun diolah menjadi berbagai kerajinan tangan yang dapat dimanfaatkan sebagai barang keperluan sehari-hari.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Pulau Petak, Fatmawati mengatakan, di Desa Teluk Palinget anyaman purun dapat diolah dengan berbagai macam bentuk yang cantik dan indah, di antaranya sajadah, tas, dompet, topi dan bentuk lainnya.

Baca Juga :  Camat di Bartim Diperintahkan Pantau Kondisi Debit Air

Dijelaskan, untuk pemasaran kerajinan purun hasil karya warga desa itu, dijual di sekitar Desa Teluk Palinget. Mayoritas pembeli adalah orang-orang yang lewat dan melintasi desa. Sedangkan harga jual satu produk purun ini berkisar dari Rp8.000 hingga Rp60.000.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Melalui Bimtek TIK dan Kehumasan

Selain menjual di tempat, kami juga melakukan upaya promosi yaitu dengan memperkenalkan produk anyaman purun ini pada acara-acara yang diselenggarakan oleh pihak desa maupun kecamatan,” kata Fatmawati, Selasa (16/2/2021).

Pihaknya juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Daerah agar kedepannya kerajinan purun ini dapat diketahui oleh masyarakat luas serta dapat dijual keluar daerah.

Baca Juga :  Rancangan APBD 2020 Mulai Dibahas

”Saya harap dengan potensi yang ada ini, mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Pulau Petak dan PKK juga mendorong agar Bumdes dapat memfasilitasi warga untuk mengembangkan potensi yang dimiliki,” pungkas Fatmawati. (hy/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA