oleh

Warga Seruyan Raya Bersihkan Eceng Gondok dari Permukaan Sungai

KUALA PEMBUANG – Eceng gondok merupakan tumbuhan liar yang umumnya tumbuh di air. Nanun tak jarang tumbuhan ini dianggap sebagai pengganggu, karena jika dalam jumlah banyak dapat menutupi permukaan air secara berlebihan.

Hal inilah yang dirasakan oleh warga Desa Terawan, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan. Enceng gondok tumbuh subur hingga menutupi permukaan Sungai Rungau, wilayah desa setempat.

Baca Juga :  Sejumlah Kepala Daerah Dampingi Sugianto-Edy Mendaftar ke KPU

Camat Seruyan Raya, Juansyah, berinisiatif mengajak warganya untuk melakukan pembersihan.

Puluhan warga turun ke sungai untuk bergotong royong di lokasi yang tertutup enceng gondok, baru-baru ini.

Selain warga sekitar, gotong royong ini juga melibatkan staf kecamatan, perangkat desa, RT/RW serta pihak perusahaan yang berada di sekitar Sungai Rungau.

Upaya bersama ini membuahkan hasil positif. Hingga sekitar dua jam kemudian, kawasan aluran sungai yang semua tertutupi enceng gondok, lumayan bersih dan enak dipandang mata.

Baca Juga :  Katingan Usulkan 1.958 Kegiatan untuk APBD 2021

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur karena masyarakat dan pihak terkait semuanya peduli dan ikut bergabung dalam kegiatan ini,” kata Camat Seruyan Raya.

Menurut Juansyah, pelaksanaan gotong-royong di kawasan tersebut adalah menindaklanjuti keluhan masyarakat, lantaran keberadaan eceng gondok tersebut sudah mengganggu aktivitas warga. Mengingat, warga sekitar rata-rata masih menggantungkan hidup dari Sungai Rungau, seperti para nelayan yang setiap hari berusaha mencari ikan.

Baca Juga :  11 BPD di Lahei Barat Dilantik

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan. Saya juga berharap kepada pihak perusahaan yang berada di sekitar sungai, agar bisa memperhatikan keberadaan sungai ini, serta sama-sama menjaganya agar sungai tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik,” harap Juansyah.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA