oleh

Warga Berharap Ada RTH Ramah Anak

SAMPIT, inikalteng.com – Keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ramah anak untuk memenuhi hak-hak anak dalam mendapatkan ruang publik di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tampak perlu mendapatkan perhatian seiring dengan perkembangan kota itu sendiri. Saat ini hanya ada dua RTH yang dioptimalkan masyarakat di Kota Sampit yakni kawasan Taman Kota dan Stadion 29 November.

Banyak warga berharap kawasan Bundaran Besar di Kilometer 3 bisa dimanfaatkan sebagai RTH. Sedangkan RTH yang baru dibangun oleh pemerintah daerah bisa lebih dimaksimalkan.

Baca Juga :  Wujudkan Palangka Raya Kota Layak Perempuan dan Anak

“Ruang terbuka hijau ramah anak sangat dibutuhkan. Saat ini Kotim khususnya di Kota Sampit kekurangan RTH ramah anak dan keluarga,” kata Diana, warga Sampit saat bersama keluarganya berkunjung ke kawasan Taman Kota, Kamis (19/1/2023).

Menurutnya, RTH ramah anak bisa dibangun di mana saja, termasuk di tengah pemukiman warga padat penduduk agar bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kotim, Muhammad Kurniawan Anwar mengatakan, pembangunan RTH tidak hanya menggunakan dana APBD semata, tetapi juga bisa menggandeng pihak swasta melalui program CSR (Corporate Social Responsibility).

Baca Juga :  Program Pemulihan Ekonomi Terus Digerakkan

RTH ramah anak sejalan dengan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang kini dijalankan di kota-kota besar. Konsepnya berupa ruang publik terbuka hijau seperti taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV dan ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komuniti yang ada di sekitar lokasi tersebut, seperti ruang perpustakaan, ruang laktasi atau menyusui dan lainnya.

“Kita bisa melihat di kota-kota besar, RTH sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi sekadar tempat untuk keindahan saja. RTH harus memiliki nilai-nilai edukasi kepada anak kecil agar berkembang dengan baik,” kata Politisi Partai Amanat Nasional ini.

Baca Juga :  Gubernur Kalteng Salurkan BLT Sebesar Rp10,4 Miliar untuk Warga Kotim

Untuk itu, Kurniawan meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kotim bersama instansi terkait lainnya untuk memperhatikan masalah ini. RTH ramah anak sangat penting demi menciptakan wisata bermain bagi anak agar bisa mendapatkan masa berkembang yang baik dan aman untuk perkembangan mereka. (ya/red1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA