oleh

Wabup Mura Buka Diklat 3 in 1 Pelatihan Membatik Cap

PURUK CAHU, inikalteng.com – Presiden RI Joko Widodo telah menginstruksi melalui Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan peningkatan penggunaan produk dalam Negeri dan produk usaha makro, usaha kecil (UMKM) dan koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Selaras hal itu, Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor membuka pelatihan Diklat 3 In 1 pembuatan batik cap angkatan IV, Rabu (2/11/2022). Pelatihan membatik ini akan berlangsung selama 9 hari bertempat di gedung Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Mura.

Baca Juga :  Dukung GNBBI, Diskop UKM Kalteng Lakukan Berbagai Kegiatan

“Kami sampaikan apresiasi kepada Kementerian Perindustrian RI melalui persetujuan anggota DPR RI Komisi VII Willy M Yoseph, yang memperjuangkan agar pelaksanaan kegiatan ini dapat dilaksanakan di Kabupaten Murung Raya. Kami sangat berterima kasih, semoga pelatihan ini merupakan awal pembuka untuk pelatihan yang dilaksanakan di Kabupaten Murung Raya dan akan ada pelatihan-pelatihan lain,” tutur Rejikinoor.

Wabup Mura ini mengatakan, pelatihan tersebut sangat membantu memproduksi, mempromosi produk lokal daerah setempat agar para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) mampu bersaing dengan pelaku usaha IKM yang sudah maju dan berwawasan.

Baca Juga :  Warga Desa Malawaken Antusias Ikuti Vaksinasi Dosis Kedua

“Pada kesempatan ini saya sampaikan kepada para peserta pelatihan agar lebih rajin dan gigih dalam mengikuti pelatihan ini. Sehingga dapat ditularkan atau dikembangkan pada masyarakat kita yang lainnya agar dapat bermanfaat bagi masyarakat kita,” kata Rejikinoor.

Sementara, Kepala Diskop UKM Perindag Kabupaten Mura Suria Siri mengharapkan, dari pelatihan diharapkan dapat membantu pelaku IKM dan mendapatkan manfaat yang besar.

“Harapan kita ke depannya akan ada hasil, salah satunya produk lokal dan cintai lah produk lokal kita. Usai pelatihan kita akan mengandeng Pemerintah searah untuk membeli hasil produk lokal,” kata Suria Siri.

Baca Juga :  Gumas Zona Kuning Penilaian Standar Pelayanan Publik

Hadir sebagai narasumber dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri Padang, Anggota DPRD Mura Tafruji, Asisten II Setda Mura Ferry Hardi, Asisten III Setda Mura Bimo Santoso, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Mura Suria Siri, Ketua DWP Kab.Mura Ny.Melsi Hermon dan serta tamu undangan lainnya. (dy/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA