oleh

UPR Dukung Wirausaha Mahasiswa dan Pengembangan Ekonomi Kreatif

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi, sangat mendukung sekaligus mendorong seluruh fakultas di UPR untuk mengembangkan bidang kewirausahaan. Hal itu dinilai bagus untuk mengasah skill mahasiswa dalam berusaha selain mendapatkan pembelajaran secara akademik di Kampus.

“Mengasah skill di bidang wirausaha sangat penting bagi mahasiswa. Mengingat setelah lulus dari kampus, diharapkan para mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan secara akademik tetapi juga memiliki skill untuk menggeluti bidang lain khususnya ekonomi kreatif,” kata Andrie Elia saat dibincangi wartawan di sela meninjau Budidaya Madu Kelulut yang dikelola oleh Fakultas Hukum (FH) UPR, di Jalan Hendrik Timang, Palangka Raya, Jumat (19/11/2021).

Didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Salampak MS, Kepala LP3MP Prof Dr Joni Bungai MPd, Rektor UPR mengaku sangat mengapresiasi FH UPR yang telah menginisiasi bidang wirausaha Budidaya Madu Kelulut ini secara mandiri, yang dikelola langsung oleh mahasiswa. Hal ini tentunya akan berdampak positif dalam mengasah skill serta potensi mahasiswa untuk menggeluti dunia ekonomi kreatif. Sehingga saat lulus dari kampus nantinya, mahasiswa tidak cuma memiliki modal ilmu secara akademik, tetapi juga mampu bersaing dalam bidang wirausaha.

Baca Juga :  Bupati Lamandau Rombak Ratusan Pejabat, Dua Kadis Bergeser

“Saya berharap, ke depannya fakultas di civitas akademika UPR ini bisa melaksanakan berbagai pelatihan wirausaha seperti yang dilaksanakan oleh FH UPR dalam melirik potensi ekonomi kreatif sebagai bagian dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan mampu bersaing secara global,” kata Andrie Elia.

Baca Juga :  Sertifikat Pendidik Diberikan Kepada Guru Profesional

Dengan didukung kemajuan teknologi saat ini, menggeluti berbagai bidang wirausaha bukanlah hal yang sulit. Tinggal bagaimana realisasi, niat, kemauan dan inisiatif untuk melirik peluang tersebut menjadi hal yang menguntungkan. Misalnya membuat pelatihan wirausaha dengan menjalin kerja sama dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah berkembang. “Seperti yang dilakukan oleh FH UPR ini, tentunya bisa menjadi percontohan bagi fakultas lainnya,” ujar Andrie Elia yang juga Ketua Harian Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah (DAD Kalteng) ini.

Senada, Dekan FH UPR Dr H Suriansyah Murhaini SH MH membenarkan bahwa sangat penting bagi mahasiswa untuk mengasah skill selain mendalami pembelajaran secara akademik.

“Fakultas Hukum tentu sangat mendukung apabila ada mahasiswa yang ingin meningkatkan skill serta potensi yang dimilikinya, baik secara akademik maupun di luar akademik, yang tujuannya agar mahasiswa bisa lebih berkembang dan mampu bersaing secara global setelah lulus dari kampus serta membawa almamater dan nama besar UPR,” kata Suriansyah.

Baca Juga :  UPR Gelar Upacara Hardiknas

Oleh karena itu, sambungnya, FH UPR terus menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, lembaga dan organisasi masyarakat yang berkompeten di bidang hukum. Sehingga mahasiswa bisa merasakan langsung bagaimana implementasi kerja nyata dari program studi (prodi) yang dipilih sesuai visi misi Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh Mendikbudristek, termasuk bekerja sama dengan sejumlah UMKM guna menambah ilmu di luar pembelajaran akademik sekaligus mengembangkan dunia ekonomi kreatif. (*/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA