oleh

Tidak Gunakan Masker Warga Kapuas Dikenai Sanksi Sosial

KUALA KAPUAS – Operasi Yustisi yang kembali digencarkan dalam satu minggu terakhir oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, masih banyak menemukan warga dan tempat usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Untuk memberikan efek jera, warga yang ditemukan tidak menggunakan masker, langsung diberikan sanksi sosial berupa push up maupun membersihkan sampah.

Baca Juga :  Ratusan Warga Palangka Raya Dikenakan Sanksi

“Sanksi ini diberikan dengan harapan dapat memberikan efek jera, sehingga masyarakat tidak lagi lalai dalam penerapan protokol kesehatan,” ungkap Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Selasa (19/1/2021).

Disebutkan, dalam operasi yustisi tersebut, Satgas Covid-19 Kapuas menyasar tempat-tempat umum seperti kafe sebagai tempat nongkrong, rumah makan, fasilitas umum maupun wilayah pasar induk dan pasar dadakan yang ada di sejumlah titik wilayah Kota Kuala Kapuas.

Baca Juga :  Sekolah di Barut Diliburkan Selama Dua Minggu

“Operasi Yustisi ini rutin dilaksanakan setiap hari, dalam rangka menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kapuas. Dalam operasi ini, kita memberikan pemahaman, pengertian dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” ujar Sinaga.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD Kapuas ini menyebutkan, walaupun saat ini tren kasus positif Covid-19 di Kapuas cenderung naik, pemerintah daerah tetap konsisten untuk menghidupkan roda ekonomi, yaitu dengan tidak menutup usaha masyarakat.

Baca Juga :  117 Orang Positif Covid-19 dari Klaster Pasar Besar

“Namun demikian, kami meminta pemahaman dan kerja sama pelaku usaha serta masyarakat, untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (hy/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA