oleh

Teras Narang Sosialiasikan Empat Pilar Kebangsaan ke Warga Desa

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Agustin Teras Narang menemui ratusan warga yang tinggal di areal eks PLG satu juta hektar di Kecamatan Mentangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu (9/2/2020).

Kedatangan mantan Gubernur Kalteng dua periode ini ke daerah tersebut, intinya untuk menyosialisasikan empat pilar kebangsaan, disambut warga dengan acara adat Dayak berupa ‘Potong Pantan’.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Balai Desa Sekata Bangun itu, Teras mengatakan, keberadaan empat pilar kebangsaan sangatlah penting. Karena untuk memperkokoh persatuan dan terwujudnya kemakmuran serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Itulah kenapa kita harus selalu mengingat dan menjaga serta menerapkan empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Baca Juga :  Subandi Sarankan Agar OPD Berinovasi

Setelah mendengarkan paparan tentang pentingnya peran dan keberadaan empat pilar kebangsaan, masyarakat setempat berharap kepada Teras Narang untuk kembali memperjuangkan peningkatan infrastruktur dan pemekaran kecamatan.

Teras diminta untuk berkenan mengomunikasikan kepada Gubernur Kalteng, Ketua DPRD Kalteng, Bupati Kapuas, dan Ketua DPRD Kapuas, untuk memprogramkan peningkatan infrastruktur jalan setempat. Salah satunya program pengaspalan jalan yang ada. Sebab, jalan-jalan tersebut sampai sekarang ini masih belum diaspal sepenuhnya.

Untuk pemekaran kecamatan, warga menilai sudah sangat layak dilakukan. Karena di Kecamatan Mentangai, kini terdapat lebih dari 30 desa.

“Saya akan mengomunikasikan permintaan masyarakat terkait peningkatan jalan itu kepada pemerintah daerah. Sedangkan untuk pemekaran kecamatan, saya sudah minta kepada 13 desa yang menginginkannya, agar membuat surat dan dikirim ke saya selaku Ketua Komite I DPD RI,” tambahnya.

Baca Juga :  Kecamatan Petak Malai Kekurangan Guru dan Tenaga Medis

Selain siap memperjuangkan aspirasi masyarakat di sejumlah desa di eks PLG, Senator asal Provinsi Kalteng itupun mengajak seluruh kepala desa, khususnya di areal eks PLG, memanfaatkan dana desa dengan optimal untuk membangun dan memajukan desanya.

“Anggaran desa, baik itu dari Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) setiap tahun mengalami kenaikan
Sehingga bila dikelola dan dimanfaatkan secara optimal, dapat memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Sekata Bangun Mukhamad Sodik mengucapkan terima kasih kepada Teras Narang yang telah memberikan perhatian dan kerja keras membantu masyarakat di wilayahnya.

Menurutnya, sejak tahun 2003, Teras Narang datang dan berdialog serta mendengarkan bahkan mewujudkan aspirasi masyarakat yang tinggal di eks PLG satu juta hektar.

Baca Juga :  Rakor DAD Kalteng Dijadwalkan 29 Desember

“Tahun 2003 jalan di desa-desa yang ada di eks PLG belum sebaik dan selebar seperti sekarang ini, hanya bisa dilintasi sepeda motor. Kondisi perekonomian masyarakat kala itupun sangat memprihatinkan, karena mencari pekerjaan sangat sulit. Tapi jauh lebih baik berkat Pak Teras Narang saat masih menjadi anggota DPR RI dan Gubernur Kalteng,” kata dia.

Ia menjelaskan, banyak masyarakat di sejumlah desa di wilayah ini, bisa menanam pohon kelapa sawit berkat bantuan Teras Narang yang memperjuangkannya di pemerintah pusat. “Jadi, untuk itu semua kami sangat berterima kasih kepada Bapak Teras Narang,” tutupnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA