oleh

Teras Narang: Pemimpin Harus Siap Melayani

BANJARMASIN – Ketua Komite I DPD RI Agustin Teras Narang mengungkapkan, keberadaan seorang pemimpin harus siap melayani. Hal tersebut disampaikannya saat mendapat kehormatan membawakan Orasi Ilmiah dalam Wisuda Program Sarjana Teologia dan Program Magister Teologia, Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT-GKE), di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (15/2/2020).
Di hadapan pemimpin dan calon pemimpin jemaat lingkungan GKE, Teras Narang menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Kepemimpinan Melayani dan Inovasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”.

“Saya mendorong agar ada kepemimpinan melayani, untuk menghasilkan inovasi pendidikan berbasis teknologi dalam kegiatan pembelajaran STT GKE. Lebih dari itu, agar melalui lulusannya, STT GKE bisa berkontribusi dalam menciptakan manusia unggul,” tukasnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Seruyan Hadiri Musrenbang via Telekonferensi

Menurutnya, kepemimpinan melayani adalah kepemimpinan yang menempatkan kebutuhan orang lain yang dilayani sebagai prioritas. Selain itu mengedepankan kepemimpinan yang memahami kebutuhan zaman dengan semangat pelayanan tinggi, serta mengarahkannya untuk membantu orang-orang menghadapi perubahan.

Mantan Gubernur Kalteng dua periode ini menambahkan, kepemimpinan melayani harus menjadi salah satu cara merespon perubahan, dengan menempatkan kesiapan dalam bertransformasi dan berkolaborasi di masa depan. Hal itu penting, terutama dalam menyambut berbagai dinamika kebangsaan dan sosial masyarakat.

Baca Juga :  KPHL Gerbang Barito Unit IX Rangkul Warga Desa Jadi MPA

Salah satunya bagaimana rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan, akan membawa tantangan bagi STT GKE dalam berperan lebih. Sehingga STT GKE dan para lulusannya, perlu bersama memikirkan untuk mengembangkan lebih lanjut pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat).

Pusdiklat mandiri, lanjutnya, melengkapi ilmu teologi yang telah diterima selama ini dengan ilmu terapan terkini termasuk mengenali teknologi. Agar ilmu tentang Tuhan, dapat menjawab pula kebutuhan umat Tuhan di era Revolusi Industri 4.0 ini sebagai era yang serba dinamis dengan perkembangan teknologi yang turut merubah wajah masyarakat.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Apresiasi Upaya TNI-Polri Tangani Covid-19

“Saya ucapakan selamat bagi para wisudawan-wisudawati STT GKE, dan selamat pula dalam perayaan 88 tahun pengabdian Keluarga Besar STT GKE. Semoga semboyan ‘Tinggi Iman, Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian’, mendorong kita menjadi manusia unggul yang siap menghadirkan perubahan, baik bagi jemaat, masyarakat, dan bangsa,” tutup Anggota DPD RI dari Dapil Kalimantan Tengah ini. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA