oleh

Teras Dukung Balai TN Sebangau Kembangkan Ecotourism

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mendukung rencana pihak Balai Taman Nasional (TN) Sebangau untuk mengembangkan ecotourism atau pariwisata ekologis di kawasan TN Sebangau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal itu dikemukakan Teras saat mengunjungi Kantor Balai TN Sebangau, Kamis (20/10/2022) sore. Teras disambut langsung oleh Kepala Balai TN Sebangau Andi M Khadafi beserta jajaran pejabat dan staf kantor setempat.

Pada kesempatan itu, Teras menyampaikan bahwa terkait masalah lingkungan hidup maupun konservasi alam merupakan bidang dan tugas pokok dari Komite 2 DPD RI yang merupakan hal baru bagi dirinya.

“ Saya senang sekali sekaligus belajar mengenai masalah lingkungan hidup sebagaimana disampaikan Pak Andi (Kepala Balai TN Sebangau). Ini akan menjadi materi saya untuk disampaikan kepada teman-teman di Komite 2 nantinya,” sebut Teras.

Baca Juga :  Wagub Sebut Parpol Mitra Pemerintah Membangun Daerah

Senator asal pemilihan Provinsi Kalteng ini melanjutkan, di Komite 2 pihaknya lebih banyak berbicara terkait Undang-undang konservasi yang dinilai perlu dilakukan penyempurnaan. Sehingga Komite 2 membutuhkan berbagai masukan maupun saran dari berbagai kalangan terkait masalah konservasi.

Teras juga mengungkap keinginannya terhadap daerah Kalteng agar mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, termasuk potensi alam TN Sebangau. Dimana diketahui bahwa TN Sebangau memiliki banyak flora dan fauna yang menjadi dayak tarik bagi wisatawan.

Baca Juga :  Momen HPN, Ketua DPRD Kapuas Berharap Insan Pers Lebih Maju

“Saya ingin Kalteng mampu menjadikan Taman Nasional Sebangau sebagai daerah wisata karena ini sangat luar biasa. Apalagi dengan luasan wilayah yang begitu besar sehingga lahan yang ada tersebut mampu memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat,” ujar dia.

Namun Teras mengingatkan bahwa memanfaatkan kawasan taman nasional bukan berarti menebang pohon-pohon yang ada, melainkan bagaimana menafaatkan potensi ecotourism mampu memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara sebelumnya, Kepala Balai TN Sebangau Andi M Khadafi menerangkan terkait berbagai hal terkait TN Sebangau yang tentu memiliki potensi yang besar bila dikembangkan dalam rangka meningkatkan pendapat daerah melalui wisata alam.

Baca Juga :  Sekda Kalteng Buka Bimtek SIMGAJI

Bahkan Andi bersama jajarannya sudah merancang master plan tempat berwisata di kawasan TN Sebangau untuk menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kawasan wisata tersebut akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang tentu memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang.

Namun diakui Kepala Balai TN Sebangau ini, karena keterbatasan anggaran sehingga rencana tersebut belum dapat direalisasikan. Meski demikian, ia berharap kepada Anggota DPD RI Agustin Teras Narang dapat membantu mengkomunikasikan ke pihak terkait sehingga rencana itu dapat direalisasi di masa mendatang. (adn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA