oleh

Teras Dorong Revitalisasi SMK GKE Mandomai Menuju Sekolah Unggul

PALANGKA RAYA, inikalteng.com  –  Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Mandomai melakukan revitalisasi sehingga menjadi sekolah yang mampu bersaing dan unggul.

Hal itu disampaikan Teras ketika menjadi narasumber dalam diskusi bertema “Menuju Kemandirian SMK GKE Mandomai di Tengah Harapan dan Tantangan”, Senin (23/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Teras beserta narasumber lainnya berbagi perspektif yang semua semata untuk mendukung dan memberi penguatan guna pengembangan kembali SMK GKE Mandomai yang memiliki sejarah panjang dengan alumni yang telah tersebar di berbagi kota dan negara.

” Saya mendorong agar SMK GKE Mandomai untuk melakukan pemetaan terhadap tantangan dan harapan yang dimiliki. Mengukur kekuatan dan kelemahan yang mesti di kelola agar SMK GKE Mandomai dapat direvitalisasi sebagai salah satu kekuatan pemacu sumber daya manusia kita. Terlebih saya dan tim khusus dari GKE telah menggarap program khusus dalam merevitalisasi pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan di GKE ” ungkap Teras.

Baca Juga :  Teras Ajak Pemuda Turut 'Bermain' pada Pemilu dan Pilkada 2024

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Sinode GKE ini berharap dengan semangat solidaritas dan kebersamaan, melalui Departemen Pendidikan GKE yang telah menyiapkan grand design pengembangan dan peta jalan, bisa merevitalisasi SMK GKE Mandomai dengan baik. Sehingga mampu membawa lembaga pendidikan ini menjadi unggul di tengah era disrupsi yang penuh dengan perkembangan teknologi.

Selain itu, untuk membangun kembali kejayaan SMK GKE Mandomai yang merupakan lembaga pendidikan teknik kayu tertua dan dikenal luas sebagai lembaga pendidikan yang melahirkan tenaga perkayuan dan ahli mebel di tanah air.

Baca Juga :  Masyarakat Hukum Adat Harus Dilindungi Perda

” Kita menghadapi tantangan global yang tak mudah dengan adanya shifting akibat disrupsi teknologi hingga resesi ekonomi. Kita juga memiliki peluang dengan datangnya Bonus Demografi 2030, momen Indonesia Emas 2045, dan pembangunan IKN yang mesti membuat kita segera menyiapkan generasi muda kita dalam menghadapinya,” beber Teras.

Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini juga menaruh harapan dan ajakan bersama soal revitalisasi kawasan desa tua di Mandomai. Termasuk di dalamnya rekonstruksi jembatan kayu Mandomai bila dikelola dengan strategis, akan dapat menjadikan kawasan ini bernilai sejarah sekaligus menggerakkan ekonomi wilayah, termasuk memperkuat posisi SMK GKE Mandomai yang sejarah awalnya memiliki core competence di bidang perkayuan.

Baca Juga :  Tekan Penyebaran Covid-19, Pemko Membatasi Aktivitas Masyarakat

” Selamat merayakan 56 tahun usia SMK GKE Mandomai yang telah berhasil melewati pasang surut tantangan pendidikan dan kini masih berjuang untuk kembali unggul. Saya harap bersama Yayasan dan para alumni yang menggelar reuni, ada langkah strategis yang bisa diambil untuk menjadikan SMK GKE Mandomai kembali bangkit, mandiri, serta berkontribusi lebih bagi kemajuan GKE dan masyarakat Kalteng, dengan bersinergi bersama Departemen Pendidikan GKE yang baru saja dibentuk,” harap Teras. (adn/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA