oleh

Tantangan Lulusan Perguruan Tinggi Semakin Meningkat

PALANGKA RAYA – Tantangan bagi lulusan Perguruan Tinggi di era Revolusi Industri 4.0 semakin meningkat. Oleh karena itu setiap lulusan perguruan tinggi harus memiliki kompetensi yang mumpuni bersaing secara global.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran dalam sambutannya ketika Upacara Dies Natalis ke-56 Universitas Palangka Raya (UPR) di halaman Rektorat UPR, Senin (11/10/2019).

Baca Juga :  Sektor Kesehatan di Kampung Melayu Katingan Perlu Diperhatikan

Menurut Gubernur Kalteng, lulusan perguruan tinggi dituntut tidak hanya mampu bekerja di instansi pemerintah, perusahaan, namun memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Perguruan tinggi saat ini dihadapkan dengan tantangan untuk mempersiapkan dan melengkapi sumber daya manusia dengan kompetensi serta keterampilan,” kata Gubernur Kalteng ini.

Baca Juga :  Kecamatan Belantikan Raya Gelar Musrenbang RKPD 2024

Tidak hanya itu, ia menambahkan, saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada sektor lapangan kerja serta tuntutan baru di bidang penguasaan kompetensi harus dapat diantisipasi secara cermat.

“Peluang dan tantangan kerja di tingkat lokal, domestik dan internasional harus didetifikasi dan dijadikan rujukan dalam memilih program yang dilaksanakan. Hal tersebut sangat penting dalam mengembangkan program yang berbasis pada kompetisi dan kebutuhan pasar,” sebutnya.

Baca Juga :  Penantian 32 Tahun Berbuah Manis, Erick Thohir: Terima Kasih Para Pejuang Bernyali Juara

Untuk menjawab tantangan tersebut, Gubernur Kalteng ini berpesan kepada tenaga pendidik untuk terus meningkatkan mutu lulusan perguruan tinggi sehingga mampu berkompetisi dengan tenaga kerja lain. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA