oleh

Syahmiludin Terpilih Nakhodai Kwarcab Pramuka Barito Utara

MUARA TEWEH – Forum Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Barito Utara (Barut), secara aklamasi memilih Syahmiludin AS SP MSi sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Barut Masa Bakti 2020-2025.

Syahmiludin yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barut, disepakati menakhodai Kwarcab Barut dalam acara yang digelar pada tanggal 16-17 Oktober 2020 di Taman Rekreasi Religi, Pangku Raya, Muara Teweh.

Dalam sambutannya, Kak Syahmil (panggilan akrab Syahmiludin), menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah yang diberikan forum muscab. Dia juga menyatakan apresiasinya kepada kepada Kak Drs H Asran MM selaku mantan Ketua Kwarcab Barut masa bakti sebelumnya, yang telah meletakkan momen pengembangan Gerakan Pramuka di Barut.

Baca Juga :  Bupati Katingan Lantik Tiga Pejabat Eselon II

Diceritakan, dirinya mendampingi Asran selama menjadi Ketua Kwarcab sebagai Sekretaris Kwarcab mulai tahun 2003 – 2013, dan menjadi Wakil Ketua Kwarcab dari 2015-2020. Perjuangan Asran selama memimpin Kwarcab sangatlah besar. Pihaknya bersama-sama memulai dari Kantor Sekretariat dan Buper belum ada. Hingga kini Kwarcab Barut telah memiliki Kantor Sekretariat yang sangat memadai, dan Buper yang telah memiliki fasilitas diklat.

“Apa yang telah dilakukan Kak Asran untuk perkembangan Gerakan Pramuka Barito Utara sangatlah besar, baik pengorbanan, tenaga, maupun finansial. Untuk itu, akan kami teruskan perjuangan Kak Asran dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka di Kabupaten Barito Utara ini,” kata Syahmil.

Baca Juga :  Natalina Asi Terpilih sebagai Dekan FKIP UPR

Dia juga memohon kesediaan Asran untuk berkenan terus memberikan bimbingan kepada Kwarcab Barut, dan bahkan dapat menjembatani Pengurus Kwarcab dengan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka kabupaten setempat.

“Gugusdepan Pramuka harus kita kembangkan sebagai sarana kegiatan kepramukaan dalam rangka pembentukan karakter anak didik yang berjiwa Pancasila,” tegas Syahmil.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana Muscab Gerakan Pramuka Barut, Hj Sunarty MPd menyampaikan, Muscab ini diikuti peserta dari utusan Kwartir Ranting (Kwarran) se Barut masing-masing 2 orang, dan utusan Kwarcab Barut 5 orang.

Muscab Gerakan Pramuka Barut Tahun 2020 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Barut Sugianto Panala Putra selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Barito Utara. Turut hadir Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor SSos yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Murung Raya
sekaligus sebagai Koordinator Wilayah II Barito Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah, HM Istani P Yunus SH selaku Wakil Ketua Bidang Abdimas dan Humas Kwarda Kalteng, Hidayatullah SP MSi selaku Kepala Pusdiklatda Gerakan Pramuka Kalteng, Ash shidik SPd selaku Andalan Daerah Urusan Sekretariat Kwarda Kalteng dan Akhmad Fathoni selaku Ketua DKD T/D Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng.(red)

Baca Juga :  Pasangan Yoyo-Madi Optimis Mampu Lolos Verfak

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA