oleh

Sukseskan Sensus Penduduk 2020

PALANGKA RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) mulai tanggal 15 Februari 2020, mulai melaksanakan Sensus Penduduk (SP2020). Untuk menyukseskan program pemerintah yang dilaksanakan 10 tahun sekali ini, masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi, dengan memberikan informasi dan data-data yang akurat.

Salah seorang tokoh pemuda Provinsi Kalimantan Tengah, H Heru Hidayat mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk yang dilaksanakan oleh BPS, sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Baca Juga :  Neni: Jalan Dalam Kota Kurun Perlu Perawatan

“Kegiatan SP2020 harus didukung semua kalangan. Karena memiliki tujuan yang penting yaitu memperoleh data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia,” jelas Heru di Palangka Raya, Jumat (14/2/2020).

Mantan anggota DPRD Kalteng ini berharap, data SP2020 yang diperoleh dari masyarakat, akan memiliki manfaat yang baik untuk menunjang berbagai kebijakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, lebih khusus di Privinsi Kalteng.

Baca Juga :  Sekda Kalteng Ikuti Rakor Strategi Utama Penanganan Covid-19

Manfaat dari SP2020, terang Heru, di antaranya masyarakat mengetahui informasi mengenai Sensus Penduduk dan turut berpartisipasi membantu memberikan informasi tentang Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat tempat tinggal.

“Selain itu, untuk kesesuaian dengan data administrasi kependudukan,” jelas Aktivis Relawan Sosial ini.

Untuk diketahui, melalui Sensus Penduduk ini, nantinya akan diketahui jumlah seluruh penduduk Indonesia, golongan penduduk menurut jenis kelamin, umur, dan juga kesempatan kerja.

Baca Juga :  Bupati Gumas Ajak Masyarakat Vaksinasi Booster

Selain itu, untuk mengetahui keadaan pertumbuhan dan susunan penduduk, serta mata pencahariannya. Mengetahui persebaran dan keadaan penduduk.

Yang juga sangat penting, hasil Sensus Penduduk ini digunakan untuk merencanakan pembangunan bidang kependudukan.

SP2020 dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dengan Sensus Online di sensus.bps.go.id dari tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020, dan tahap kedua yaitu Sensus Wawancara tanggal 1-31 Juli 2020.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA