oleh

Sosialisasi 4 Pilar, Teras Ingatkan Generasi Muda Besarnya Tantangan Kebangsaan

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Agustin Teras Narang mengingatkan generasi muda, khususnya di Kalimantan Tengah (Kalteng) akan pentingnya pemahaman 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam menghadapi berbagai tantangan kebangsaan.

Hal itu dikemukakan Teras saat kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan kepada puluhan generasi muda yang tergabung dalam berbagai organisasi mahasiswa dan pemuda se Palangka Raya di Aula Sekretariat KNPI Kota Palangka Raya, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga :  Perusahaan di Gumas Diduga Belum Laporkan Pembayaran THR

Menurut Teras, sebagaimana TAP MPR Nomor VI Tahun 2001 tentang etika kehidupan berbangsa, secara internal tantangan yang dihadapi di antaranya masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agam serta munculinya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru.

“Lalu pengabaian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerahan, kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinnekaan dan kemajemukan, kurang keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa serta tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal,” jelasnya.

Kemudian disebutkan Teras, ada pula tantangan eksternal, di antaranya pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antar bangsa yang makin tajam, serta makin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional.

Baca Juga :  Ben Brahim Ajak Masyarakat Jaga Silaturahmi Antarsesama

Menghadapi berbagai tantangan tersebut, Teras menekankan akan pentingnya pemahaman terhadap 4 pilar kebangsaan bagi generasi muda Kalteng sehingga mampu menghadapi tantangan yang makin besar dan luar biasa, seperti kemajuan teknologi digitalisasi hingga era revolusi industri 4.0.

“Saya selalu mengingatkan kepada generasi muda untuk menyiapkan diri menghadapi tantangan yang semakin hari semakin luar biasa. Perlunya pemahaman 4 pilar kebangsaan supaya pemuda memahami akan kebersamaan tanpa membedakan asal usul, baik dari suku, agama, dan golongan. Kita adalah satu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pesan Teras.

Baca Juga :  Dikritik Mahasiswa, Ini Kata Legislator Kotim

Untuk itu, Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini mengajak generasi muda Kalteng terus mengembangkan kemampuan diri dan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai pendidikan, sehingga mampu ikut berkirpah membangun daerah dan bangsa. (adn/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA