oleh

Sekda Palangka Raya Launching Budidaya Ayam Broiler

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu me-launching peternakan budidaya ayam broiler di kawasan UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Kelurahan Kelampangan, Kecamatan Sabangau, Rabu (2/12/2020).

Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, peternakan budidaya ayam broiler tersebut dibangun pemerintah kota setempat, dengan tujuan untuk memulihkan perekonoiam masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Selain memulihkan perekonomian masyarakat, tujuan dibangun perternakan budidaya ayam broiler tersebut, untuk mencegah terjadinya inflasi,” kata Hera Nugrahayu.

Baca Juga :  Kongres Nasional KMHDI Dijadwalkan Bulan Ini

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, tambahnya, tidak berdampak pada kesehatan manusia, tetapi  berdampak terhadap lambatnya pergerakan perekonomian yang dapat memicu resesi ekonomi.

Dampak paling nyata dari resesi ekonomi adalah meningkatnya jumlah pengangguran, menurunnya jumlah produksi yang berakibat terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Apabila hal tersebut terus berlarut dapat mengakibatkan meningkatnya angka kemiskinan dan menurunnya kualitas pendidikan hingga krisis sosial. Oleh sebab itu perlu kegiatan pemulihan ekonomi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat terdampak.

Baca Juga :  Dinas Pertanian Kapuas Berupaya Tingkatkan Pengetahuan Kelompok Ternak

Terkait dengan hal tersebut, sektor pertanian merupakan salah satu pendorong pemulihan perekonomian daerah mampu beradaptasi dan masih dapat meningkatkan produktivitas dan tumbuh positif di tengah pandemi.

Menurutnya, sektor pertanian dan pangan terbukti bisa menjadi salah satu penopang pemulihan ekonomi daerah sebagai bagian dari upaya mendukung pemulihan ekonomi daerah maupun nasional.

Baca Juga :  Pengawasan Terhadap Pembelajaran Secara Tatap Muka Harus Dimaksimalkan

“Sektor pertanian bisa menjadi salah satu tumpuan kebutuhan dasar manusia, meskipun ekonomi sedang krisis. Bahkan, dalam situasi sekarang sektor pertanian semakin strategis,” ungkapnya.

Sektor pertanian perlu terus dikembangkan karena masih bertumbuh positif di saat sektor lain justru mengalami kontraksi. Kebijakan dan kemitraan yang berpihak kepada sektor pertanian mendukung ketahanan pangan, sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan petani, pekebun dan peternak. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA