oleh

Sekda Kalteng Mentori Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Sekda Kalteng Fahrizal Fitri dipercaya menjadi Mentor dalam kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I 2021 dan Seminar Rancangan Proyek Perubahan Penyetaraan Alumni Pelatihan RLA. Seminar itu, dihadiri Sekda secara virtual melalui video konferensi, langsung dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (9/4/2021).

Pada kesempatan tersebut, Fahrizal Fitri memberikan bimbingan kepada peserta selama proses rancangan maupun implementasi proyek perubahan. Selain itu, dia mendukung proyek perubahan yang disampaikan peserta dari Provinsi Kalteng.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng Aster Bonawaty, memaparkan tentang Optimalisasi UPT Industri makanan, minuman, dan kemasan, pada instansi yang dipimpinnya dalam meningkatkan daya saing produk Industri Kecil Menengah (IKM).

Baca Juga :  Mulai Pekan Depan Kalteng Berlakukan Lockdown Udara

“Kami menyelenggarakan fungsi, di antaranya perumusan kebijakan teknis di bidang perdagangan dan perindustrian, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Gubernur berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan, serta pembinaan dan pengkoordinasian industri makanan, minuman, dan kemasan,” ujarnya.

Aster Bonawaty juga mengatakan, tujuan proyek perubahan untuk jangka pendek, yakni tersusunnya Rancangan Peraturan Gubernur Kalteng tentang UPT industri makanan, minuman, dan kemasan. Untuk jangka menengah, yakni tersusunya infrastruktur dan regulasi UPT industri makanan, minuman, dan kemasan. Sedangkan untuk jangka panjang, yakni beroperasinya industri makanan, minuman, dan kemasan di Kalteng.

Baca Juga :  Satreskrim Polres Seruyan Cek Stok Bahan Pangan di Pasar Saik

Lebih lanjut dijelaskan, manfaat proyek di antaranya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalteng, tersedianya fasilitas pelatihan IKM terkait pembuatan kemasan produk, tersedianya layanan konsultasi dan informasi mengenai kemasan dan proses pengemasan bagi produk IKM, serta meningkatkan kualitas produk IKM. Khusunya, dalam hal kemasan sehingga dapat meningkatkan daya saing.

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kehutanan Kalteng Sri Suwanto, memaparkan mengenai Pemberdayaan Peran KPH dalam Program Perhutanan Sosial untuk meningkatkan PAD. Program tersebut mempunyai tujuan, di antaranya jangka pendek untuk mengukur pergeseran konseptual di KPH terhadap program PS.

Baca Juga :  Dua Pelajar SMPN 2 Satap Bahitom Kecamatan Murung Ikuti Indonesia Training Camp

“Untuk jangka menengah, yakni memberikan gambaran umum dan promosi bagi para pihak yang terlibat dalam kegiatan PS maupun bisnis produk PS, untuk kelayakan atau prospek pasar terhadap hasil atau produk PS. Terakhir untuk jangka panjang, bertujuan untuk memberikan informasi arah pengembangan bisnis produk PS yang terintegrasi, sehingga dapat fokus dalam menjalankan bisnis utama, serta mampu memberikan kontribusi PAD dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (MMC Kalteng/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA