oleh

Satriadi Kembali Pimpin Bawaslu Kalteng

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat, akhirnya Bawaslu RI menetapkan tiga orang sebagai anggota Bawaslu Kalteng Periode 2022-2027. Ketiganya yakni, Satriadi, Hj Siti Wahidah, dan Winsi Kuhu, yang secara bersama- sama dengan 24 provinsi lainnya telah dilantik pada 21 September 2022, di Jakarta.

“Usai pelantikan, kami, saya, bu Hj Siti Wahidah, pak Winsi Kuhu, dan juga termasuk ibu Rodyanti, dan beliau adalah anggota Bawaslu untuk periode 2018-2023, melaksanakan Rapat Pleno. Persisnya pada 22 September 2022, dan pleno sepakat menunjuk saya sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Satriadi kepada awak media, di Palangka Raya, Senin (26/9/2022).

Baca Juga :  Pelayanan Air Bersih Menjadi Perhatian Bupati Pulpis

Dikatakan, sebagai implementasi dari Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 3 tahun 2022, tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilihan Umum, maka masing-masing anggota memegang divisi selaku Koordinator Divisi (Kordiv) dan  Wakil Koordinator Divisi (Wakordiv). Pembagian Kordiv dan Wakordiv, juga disepakati melalui Rapat Pleno Pimpinan.

“Dalam Pleno tersebut, menyepakati Winsi Kuhu selaku Kordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan (SDMO Diklat), dan Wakil Kordiv Hj Siti Wahidah. Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (Pencegahan, Parmas, dan Humas) Hj Siti Wahidah, dan Wakordivnya Winsi Kuhu. Sementara Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa (Hukum dan PS)  Rodyanti Dorotea Tobing, Wakordivnya Satriadi, serta Kordiv Penanganan Pelanggaran (PP) untuk sementara Plt Satriadi, dan Wakordiv Rodyanti Dorotea Tobing,” sebutnya.

Baca Juga :  Lamandau Terima DIPA dan TKDD Rp718 Miliar

Menurutnya, sebenarnya berdasarkan aturan yang  baru, Ketua tidak memegang Divisi, namun khusus untuk Kalteng karena hanya tinggal berempat, maka dia selaku Ketua juga sebagai Plt Kordiv PP sampai nanti ditetapkan PAW baru.

Di sisi lain, mengingat bahwa tahapan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 sudah berjalan, Bawaslu Kalteng sudah harus berlari kencang untuk melaksanakan tugas dan fungsi-fungsi pengawasan dalam setiap tahapan, sehingga diharapkan upaya maksimal dilakukan semua jajaran pengawasan hingga di tingkat yang bawah.

Baca Juga :  Desa Telangkah Harus Jadi Pionir Lawan Narkoba

Terlebih saat ini, lanjut Satriadi, di jajaran Bawaslu sendiri pada tahap perekrutan Pengawasn Adhoc, Pengawas di tingkat Kecamatan, yang berdasarkan jadwal, untuk masa pendaftaran akan berakhir pada 27 September 2022.

“Kita berharap masyarakat Kalteng juga bisa berpartisipasi untuk ambil bagian dalam pengawasan Pemilu melalui Panwascam,” tutup Satriadi. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA